Yuk Kenalan dengan Bunga Cantik Mandevilla


Pertanianku – Tanaman merambat merupakan jenis tanaman yang mempunyai akar yang tumbuh di dalam tanah. Jenis tanaman rambat ini memiliki sifat percabangan atau adanya organ tertentu yang memungkinkan tanaman menjalar di media yang ada didekatnya. Tanaman rambat banyak diminati karena selain mempercantik taman, juga banyak jenisnya. Salah satunya mandevilla yang termasuk ke dalam keluarga apocynaceae.

yuk-kenalan-dengan-bunga-cantik-mandevilla

Tanaman ini diyakini berasal dari wilayah Florida, Amerika Serikat dengan kombinasi warna yang beragam mulai dari merah, putih, dan merah muda. Walaupun berasal dari wilayah yang dingin, tetapi bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang panas. Bahkan, semakin banyak terkena sinar matahari warna yang muncul akan makin cerah. Bentuk kelopak mandevilla cukup beragam, salah satunya mampu tumbuh menumpuk seperti halnya bunga mawar.

Secara fisiologis, tanaman ini hampir tidak berbeda dengan tanaman merambat lainnya yaitu punya batang yang menjulur dan akar yang menempel pada tempat naungan. Mandevilla memiliki bentuk bunga yang cukup besar. Sering disebut sebagai bunga terompet, tetapi bentuk kelopak bunganya hampir mirip dengan kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis).

Pada bagian daun mandevilla bentuknya meruncing dengan serat daun yang menonjol. Bentuk bunganya cukup besar. Daun yang tumbuh tidak terlalu mendominasi dibandingkan mekarnya bunga. Mandevilla yang lebih banyak tumbuh yaitu pada bagian daunnya, sementara bunganya hanya muncul di beberapa bagian saja. Sebelum tanaman ini gugur, terlebih dahulu terjadi perubahan warna. Warna ungu cerah perlahan memucat, kemudian berubah menjadi hijau, dan akhirnya gugur.

Untuk kelangsungan hidup tanaman ini juga mampu tumbuh dengan baik walaupun sudah berusia antara 3—4 tahun. Bahkan, mandevilla juga bisa tumbuh menjuntai karena mempunyai batang yang lemas. Selain dapat berbunga sepanjang tahun, perawatan tanaman ini pun tidak sulit. Cukup menyiramnya satu kali dalam satu hari. Saat menanam mandevilla diusahakan menghadap ke arah timur atau barat untuk mendapatkan sinar matahari yang bagus.

Baca Juga:  Cara Membuat Tanaman Unik, Bonsai Cabai
loading...
loading...