Yuk, Konsumsi Yoghurt Untuk Mempertajam Ingatan

0

Pertanianku – Yoghurt merupakan salah satu makanan hasil fermentasi susu. Mengonsumsi yoghurt ternyata baik untuk otak. Kesimpulan itu diperoleh dari sebuah studi yang melibatkan pasien demensia. Rutin mengonsumsi yoghurt dapat mempertajam ingatan manusia. Terlebih, bagi seseorang yang telah lanjut usia.

yuk-konsumsi-yoghurt-jika-ingin-mempertajam-ingatan

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience itu, melibatkan 52 perempuan dan laki-laki berusia 60—95 tahun yang menderita demensia. Penelitian tersebut mengklaim, pasien yang mengonsumsi yoghurt selama 12 minggu menunjukkan peningkatan besar dalam tes kemampuan otak, terutama memori. Para ahli mengatakan, probiotik yang merupakan bakteri hidup yang terdapat dalam yoghurt dapat memberikan manfaat pada otak.

Setengah dari jumlah pasien mendapat dosis yoghurt dengan empat jenis probiotik yang sehat, sedangkan sisanya mengonsumsi yoghurt biasa.

Setelah 12 minggu, kelompok pasien yang mengonsumsi probiotik menunjukkan peningkatan besar dalam tes otak dibandingkan dengan kelompok lainnya. Mereka lebih baik dalam mengingat, berhitung, memahami objek, mengulangi frase, dan menyalin gambar.

Sementara itu, berdasarkan studi terdahulu, probiotik mampu menguatkan otak tikus. Namun, Prof. Mahmoud Salami, yang memimpin studi ini, mengatakan, untuk pertama kalinya probiotik telah terbukti bermanfaat bagi perbaikan kognisi manusia dengan penyakit demensia ataupun alzheimer.

loading...
loading...