Yuk, Lihat Cerahnya Usaha Ternak Cacing!

Pertanianku – Saat ini banyak orang tertarik memiliki usaha ternak cacing tanah. Hal ini dikarenakan cacing tanah sangat potensial dikembangkan. Terlebih siklus pertumbuhan cacing tanah tergolong sangat cepat.

yuk-lihat-cerahnya-usaha-ternak-cacing

Cacing tanah biasanya banyak dimanfaatkan dalam sektor peternakan, pertanian, bahkan farmasi untuk dijadikan obat. Saat ini permintaan cacing tanah semakin meningkat. Namun, pembudidayanya belum terlalu banyak.

Seperti Didik Basuki Rahajo, salah seorang peternak cacing tanah asal Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Untuk mendirikan peternakannya, Didik memanfaatkan halaman samping rumahnya yang terbilang cukup sempit di Kota Batu. Luasnya pun tak lebih dari 12 m2.

Di lahan yang sangat terbatas itu Didik membuat kotak-kotak kayu kecil sebagai tempat ternak cacing yang diletakkan secara bertingkat. Didik berujar, kandang bertingkat merupakan salah satu cara efektif untuk memperluas dan menambah jumlah produksi cacing.

Konsultan bangunan yang juga bekerja di salah satu perusahaan tambang batu bara di Kalimantan Selatan itu baru memiliki 56 kotak dengan bibit awal sebanyak 100 kg. Kini dengan kandang bertingkat dan memaksimalkan lahan sekitar, Didik menarget dapat membuat hingga 100 kotak. Setiap bulan Didik mampu menghasilkan 500 kg cacing.

“Teori dan cara ternak cacing itu mudah karena bisa dilakukan di lahan sempit tetapi yang bikin masalah adalah serangan hama. Di sini cukup banyak hama seperti tikus. Ada juga kutu tanah yang naik dari bawah tanah, kutu itu tidak menyerang tetapi merebut makanan cacing,” kata Didik.

loading...
loading...