Yuk, Lihat Dampak Prebiotik pada Lele Sangkuriang!

0

Pertanianku – Ikan lele sangkuriang merupakan satu komoditas perikanan bernilai ekonomis tinggi. Sayangnya, komoditas ikan ini belum banyak dibudidayakan secara benar. Oleh karena itu, banyak sekali hal yang harus diteliti dalam kaitannya dengan teknik pembudidayaan agar kegiatan budidaya yang dilakukan dapat berhasil.

 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diperlukan adanya penelitian untuk mengantisipasi faktor-faktor kegagalan produksi terutama terhadap manajemen pakan dan penanggulangan penyakit.

Penggunaan bahan obat-obatan, antibiotik, atau bahan kimia lain yang banyak diaplikasikan dalam produksi perikanan untuk mengantisipasi serangan penyakit, mulai dikurangi mengingat bahan-bahan tersebut dapat mengakibatkan residu pada ikan.

Salah satu upaya untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kelangsungan hidup hewan budidaya adalah dengan menggunakan probiotik.

Probiotik itu sendiri adalah makanan tambahan (suplemen) berupa sel-sel mikroorganisme hidup yang memiliki pengaruh menguntungkan bagi hewan inang yang mengonsumsinya melalui penyeimbangan flora mikroorganisme intestinal dalam saluran pencernaan.

Pemberian probiotik pada pelet dengan cara disemprotkan dapat menimbulkan terjadinya fermentasi pada pelet dan meningkatkan kecepatan pencernaan. Selanjutnya, akan meningkatkan konversi pakan ikan, peternak dapat memproduksi lele ukuran layak jual dalam waktu lebih singkat (60—70 hari) sehingga dapat menekan biaya produksi.

loading...
loading...