Yuk, Lihat Kandungan Gizi Buah Pepaya!


Pertanianku – Pepaya termasuk buah yang cukup populer di Indonesia. Terlebih, buah ini banyak ditanam untuk kepentingan pasar. Permintaan akan buah ini pun tergolong cukup tinggi. Selain itu, buah pepaya dijual dengan harga yang sangat murah. Tidak heran buah ini menjadi primadona. Bukan hanya harganya yang murah, melainkan pepaya mengandung manfaat yang sangat banyak.

Berikut beberapa macam kandungan gizi yang terdapat di dalam buah papaya, yang wajib Anda ketahui:

Vitamin dan mineral

Pepaya, meskipun menjadi buah yang murah dan kadang hanya dibiarkan dimangsa kelelawar dan burung, sejatinya memiliki kandungan vitamin yang tak terhingga, baik vitamin A, B, C maupun E. Bahkan, pepaya memiliki kadar mineral yang bagus bagi kesehatan tubuh. Mineral yang terkandung dalam pepaya ini antara lain adalah Potasium dan Kalsium.

Potasium

Potasium adalah komponen yang salah satunya terkandung dalam buah pepaya, memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung dan juga membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

Kalsium

Jika potasium memiliki manfaat di seputar jantung dan darah, kalsium juga tak jauh berbeda. Ini karena kalsium memiliki fungsi membekukan darah tatkala permukaan kulit kita terluka dan mengeluarkan darah. Disamping itu, kalsium yang salah satunya dihasilkan dari buah pepaya ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Pengeroposan tulang juga bisa dicegah, salah satunya dengan mengonsumsi buah pepaya.

Enzim papain

Papain merupakan enzim yang terkandung dalam pepaya, utamanya pepaya muda. Pepaya muda memiliki enzim papain yang besarnya lima kali lipat lebih besar dibanding pepaya yang sudah tua pun masak.

Enzim papain ini memiliki fungsi membantu mendukung metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Hanya saja konsumsi pepaya muda dengan tujuan mengambil sari papain ini sangat tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Pasalnya, akan menimbulkan dampak buruk bagi janin dalam kandungan.

Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit
loading...
loading...