Yuk, Lihat Kerajinan Tangan Bernilai Jual Tinggi dari Eceng Gondok!

Pertanianku – Eceng gondok, merupakan tanaman yang tumbuh di danau atau rawa. Tanaman ini bisanya dianggap sebagai perusak lingkungan. Namun, eceng gondok bagi Indra Darmawan beserta warga Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, bisa dibuat menjadi kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

yuk-lihat-kerajinan-tangan-bernilai-jual-tinggi-dari-eceng-gondok

Berawal dari kepedulian terhadap lingkungan perairan di sekitar Sungai Citarum, Indra berinisiatif memberdayakan sampah sungai serta tanaman eceng gondok. Ia sukses menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual seperti tas, meja, kaligrafi, dan briket.

“‎Awalnya saya sendiri memulung tanaman ini dan sampah-sampah yang ada di bantaran Sungai Citarum,” tutur Indra Darmawan seperti melansir Okezone.

Indra menceritakan, bahwa sejak pagi dirinya mulai mengumpulkan eceng gondok yang kerap disebut sampah. Indra mencoba membuat serta mengolah sampah-sampah itu menjadi sebuah kerajinan tangan.

Apa yang dihasilkan Indra dari olahan sampah ini ‎membuat warga sekitar tertarik. Ini karena kerajinan tersebut memiliki nilai ekonomi dari hasil tanaman yang diidentikkan seperti sampah tersebut.

Ia kemudian mengajak warga setempat mengambil dan mengeringkan eceng gondok, lalu mengolah agar menghasilkan rupiah. Melalui Koperasi Bangkit Bersama yang didirikannya pada 2009, usaha kerajinan tangan berbahan eceng gondok itu menuai respons positif.

Indra kini rutin membeli eceng gondok dari anggota koperasi yang merupakan warga sekitar senilai Rp500 ribu yang berbobot 3 kuintal.

Melalui hal tersebut, Indra juga dapat memberdayakan warga. Selain itu, ia membentuk pelatihan tentang pengolahan limbah sampah, serta mempekerjakan warga dalam usahanya tersebut.

loading...
loading...