Yuk, Lihat Lima Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan!


Pertanianku – Cincau merupakan salah satu minuman yang sangat menyegarkan. Cincau dibuat dari perasan daun cincau yang berwarna hijau. Biasanya daun cincau tumbuh secara liar di sekitar pekarangan rumah. Selain untuk sajian minuman dingin yang menyegarkan, daun cincau ini bisa juga dikonsumsi sebagai salah satu media pengobatan tradisional berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat daun cincau yang bisa digunakan untuk pengobatan yang sangat baik untuk kesehatan.

Obat anti-inflamasi

Manfaat daun cincau yang pertama terdapat kandungan zat klorofil yang cukup besar. Zat ini bisa meredakan peradangan yang terjadi akibat kuman atau bakteri pada bagian tertentu. Cara mengolah daun cincau untuk pengobatan ini adalah dengan cara ditumbuk dan diberi garam secukupnya, selanjutnya pada bagian yang sakit diolesi sebanyak 3 kali sehari.

Mengatasi diare

Daun cincau memiliki senyawa alkaloid yang di dalamnya terkandung vitamin B dan vitamin C yang bisa mengarasi diare. Senyawa alkaloid bisa membuhuh kuman penyakin yang terdapat dalam suatu makanan dan juga bisa meningkatkan penyerapan sari makanan yang ada di dalam tubuh.

Menyembuhkan demam

Daun cincau memiliki kandungan saponin dan mempunyai manfaat anti-oksidan yang berfungsi menurunkan demam. Caranya, rebus daun cincau, lalu airnya disaring. Selanjutnya, minumlah air tersebut dua kali sehari.

Membantu pasien penderita diabetes melitus

Daun cincau mempunyai kandungan senyawa berupa klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang mempunyai manfaat untuk menstabilkan gula dalam darah. Hal itu akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas untuk mengatur kada gula darah. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun cincau dalam air sebanyak 200 ml. Kemudian air rebusannya diminum 2 kali sehari secara teratur.

Meredakan radang lambung

Dalam daun cincau terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai anti-oksidan dan juga dapat membantu klorofil untuk mengatasi radang lambung. Senyawa-senyawa itu akan memperkuat otot dinding lambung agar bisa membunuh bakteri penyebab radang lambung. Cara mengolah daun cincau untuk dijadikan obat adalah dengan meminum air rebusan daun cincau secara teratur sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga:  Susah BAB Akibat Kebanyakan Makan Salak, Mungkinkah?
loading...
loading...