Yuk Lihat Manfaat Ajaib Jambu Mete


Pertanianku – Jambu mete atau jambu monyet (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki buah yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga.

18-jambu-mete

Kenikmatan menyantap gurih dan renyahnya kacang mete membuat ketagihan banyak orang. Namun, jambu mete memiliki getah yang beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Biji jambu mete terletak dalam cangkang yang cukup tebal yang terdapat dalam buahnya. Cangkang (pericarp) tersebutlah sumber dari racun yang berbahaya.

Biji ini dikelilingi oleh cangkang ganda yang mengeluarkan getah. Di dalamnya mengandung Cashew Nut Shell Liquid (CNSL), yaitu berupa getah beracun yang dapat membahayakan bila terkena manusia. Gejala yang ditimbulkan biasanya diawali dengan iritasi pada kulit, pembengkakan, serta peradangan.

Beberapa orang alergi terhadap kacang mete, tetapi sesungguhnya kacang mete jarang mengakibatkan alergi pada manusia jika dibandingkan dengan kacang lainnya. Oleh sebab itu, jika akan mengonsumsi biji jambu mete harus dipastikan getah yang menutupi biji telah bersih. Jangan sampai getah tersebut ikut termakan karena akan berakibat timbulnya penyakit di kulit hingga mengalami peradangan.

Kendati jambu mete memiliki getah yang beracun, tidak perlu khawatir. Asalkan benar-benar memperhatikan cara mengolah biji mete dengan tepat, tidak akan menimbulkan gangguan bagi kesehatan. Tentu saja itu harus dimulai dari memetik, membersihkan hingga mengolahnya menjadi berbagai olahan makanan.

Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...