Yuk, Lihat Manfaat Ajaib Susu Unta

Pertanianku – Banyak ilmuwan mengatakan bahwa susu unta memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Susu unta mengandung vitamin C, vitamin B, zat besi, dan lemak tak jenuh yang lebih tinggi dibanding susu sapi. Susu unta rendah laktosa, tetapi kadar kalium (potasium), magnesium, besi, tembaga, mangan, natrium, dan seng jauh lebih tinggi. Selain itu, susu unta mengandung kolestrol yang lebih rendah dibanding susu sapi atau kambing meski kandungan lemak dan proteinnya lebih banyak.

yuk-lihat-manfaat-ajaib-susu-unta

Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dalam salah satu artikelnya menyebutkan susu unta adalah nektar murni, lebih asin dibanding susu sapi, dan bagus untuk tubuh manusia serta mengandung vitamin C tiga kali lebih kaya daripada susu sapi. Susu unta juga kaya zat besi, lemak tak jenuh, dan vitamin B

Meski dinilai memiliki kandungan gizi yang baik, menurut pakar gizi Emilia Achmadi, mengonsumsi susu unta haruslah dengan kadar yang sewajarnya dan tidak berlebih. Pasalnya, kadar gula susu ini relatif lebih tinggi ketimbang susu dari mamalia lain.

“Susu unta boleh saja dikonsumsi manusia, hanya saja kadar gula susu ini relatif lebih tinggi ketimbang susu dari mamalia lain. Itu yang harus diperhatikan,” ujar Emilia, di Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Jitunews.

Sebagai perbandingan, Emilia pun menjelaskan bahwa dalam segelas susu sapi terdapat 13 gram karbohidrat, air susu ibu 17 gram, susu kambing 11 gram, susu kuda 17,2 gram, dan susu unta 20 gram.

Ditilik dari khasiatnya, Camel Dairy Milk Ltd di Nanyuki, Kenya, dalam kerja sama penelitiannya dengan Kenya Medical Research Institute (KEMRI) mengungkapkan bahwa susu unta mengurangi penyakit diabetes karena kaya insulin dan mencegah serangan jantung. Selain itu, di banyak negara, susu unta dijadikan solusi untuk mengatasi bayi yang kekurangan gizi.

loading...
loading...