Yuk, Lihat Manfaat Daun Salam Beserta Buahnya


Pertanianku – Daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bumbu pada masakan. Daun salam memiliki aroma yang sangat khas. Aroma inilah yang akan menambah cita rasa pada setiap masakan.

yuk-lihat-manfaat-daun-salam-beserta-buahnya

Pastilah Anda salah satu orang yang akan membuang daun salam ketika selesai memasak. Namun, tahukah Anda ternyata manfaat daun salam sangat luar biasa?

Tak hanya daunnya yang memiliki banyak manfaat, tetapi juga buahnya yang berbentuk bulat kecil dengan warna merah bisa digunakan untuk mengobati mabuk akibat meminum alkohol.

Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. Apakah Anda penasaran, manfaat apa saja yang terdapat pada daun salam jika dikonsumsi? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengobati diare

Jika Anda atau anggota keluarga mengalami diare, ambil 15 lembar daun salam segar yang direbus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 5—10 menit. Setelah dingin, tambahkan sedikit garam, kemudian diminum.

Mengatasi asam urat

Air rebusan daun salam juga dapat mengatasi asam urat yang tinggi, 9 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 600 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Lalu untuk mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan.

Menurunkan kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian, airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu, ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga:  Cara Ampuh Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Ginjal

Mengobati diabetes

Cucilah kurang lebih sepuluh lembar daun salam segar dan rebus dengan kurang lebih empat gelas air yang hanya akan bersisa menjadi sekitar dua gelas saja lalu dinginkan. Setelah rebusan salam hangat, saringlah rebusan salam tersebut dan minum selagi hangat.

Menjaga kesehatan pencernaan

Daun salam dapat menyeimbangkan produksi asam lambung yang berlebihan yang sering menjadi alasan utama dari maag. Cara penyajiannya sama dengan penyajian untuk obat asam urat dan diabetes. Hanya banyaknya daun salam yang digunakan lebih banyak. Bila untuk asam urat dan diabetes membutuhkan sekitar sepuluh lembar, untuk kesehatan pencernaan Anda membutuhkan sekitar 15—20 lembar.

Mengobati sakit maag

Sediakan 15—20 lembar daun salam dan cuci hingga bersih seperti biasa, rebuslah daun itu dengan setengah liter air, dan tunggu sampai 15 menit mendidih. Tambahkan gula dan enau secukupnya ketika mendidih. Setelah itu, tunggu hingga agak dingin, dan minum air hasil rebusan tersebut. Minumlah ramuan ini setiap hari hingga maag Anda sembuh.

Menjaga kesehatan mata

Daun salam juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Jika tak suka memakannya dalam keadaan mentah, makanlah bersama masakan kari.

loading...
loading...