Yuk, Lihat Manfaat Ikan Mujair untuk Kesehatan!


Pertanianku – Ikan mujair merupakan ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ikan ini memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan tulang, kesehatan jantung, mencegah penuaan dini, mencegah kanker prostat, menjaga kesehatan otak, menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu fungsi tiroid, membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta membantu program diet. Lahan bisnis budidaya ikan mujair masih terbuka untuk dikembangkan.

yuk-lihat-manfaat-ikan-mujair-untuk-kesehatan

Ikan mujair hidup di air tawar dan dapat dibudidayakan. Ikan ini memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan di pasar atau tempat penjualan ikan lainnya.

Ikan mujair masih berkerabat dengan ikan nila. Ikan ini rendah lemak dan merupakan ikan penghuni dasar air, memiliki rasa unik dan berbau tanah. Ikan ini dapat diolah dengan digoreng, rebus, pepes, bakar dan sebagainya. Manfaat ikan mujair juga hampir mirip dengan ikan nila.

Berikut beberapa manfaat ikan mujair bagi kesehatan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Ikan mujair mengandung omega-3 yang berguna menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem peredaran darah kita sehingga baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 ini membantu mencegah ateroskerosis, serangan jantung, dan stroke. Kandungan gizi ikan mujair dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan bermanfaat menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan ikan mujair dapat mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin yang ada dapat membantu meremajakan kulit.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan ikan mujair memiliki mineral fosfor yang baik untuk perkembangan tulang. Fungsi fosfor efektif untuk mencegah osteoporosis dan penurunan kepadatan tulang, baik untuk kuku dan gigi tetap sehat.

  1. Detoksifikasi tubuh

Ikan mujair memiliki kandungan tiroid yang baik untuk melindungi tubuh dari racun yang dapat merusak tubuh, dan bisa mengontrol sel darah putih untuk imunitas tubuh. Kelenjar tiroid dan sel darah putih tersebut dapat bermanfaat untuk melawan kuman.

  1. Baik untuk otak
Baca Juga:  Batang Pepaya Dijadikan Keripik, Bagaimana Rasanya Ya?

Kesehatan tubuh dapat terjaga dan dapat juga membantu dan menjaga kesehatan otak. Kandungan yang terdapat ikan mujair adalah omega-3 yang berguna meningkatkan fungsi neurologis dan meningkatkan kekuatan otak. Kandungan lainnya adalah kalium untuk oksigenasi ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Kandungan-kandungan gizi tersebut dilengkapi dengan kaya protein bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan massa otot dan sebagainya.

  1. Mencegah kanker prostat

Ikan mujair mengandung selenium anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas sehingga menghambat proses regenerasi sel-sel yang tidak normal.

loading...
loading...