Yuk, Lihat Manfaat Nasi Hitam untuk Kesehatan!


Pertanianku – Tahukah Anda selain nasi putih, ternyata terdapat banyak jenis nasi yang sebenarnya bisa Anda makan lho. Salah satunya adalah nasi hitam. Nasi hitam dulunya adalah makanan bangsawan di Tiongkok.

Sama seperti nasi merah atau nasi cokelat, nasi hitam tinggi akan zat anti-oksidan sehingga bisa mencegahmu dari penyakit kanker. Selain itu, berikut manfaat sehat lain yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi nasi hitam setiap hari.

  1. Mencegah kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan anthocyanin di dalam nasi hitam mampu menekan pertumbuhan sel-sel kanker di payudara.

  1. Mengurangi resistensi insulin

Mereka yang menderita diabetes harus mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi hitam. Sebab, nasi hitam mengandung flavonoid anti-oksidan yang bisa mengurangi resistensi insulin.

  1. Kaya anti-oksidan

Seperti dijelaskan sebelumnya, nasi hitam tinggi zat anti-oksidan yang bisa mengurangi efek buruk dari radikal bebas.

  1. Mencegah pengerasan arteri

Para perokok berisiko tinggi untuk terkena atherosclerosis atau pembentukan plak di arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Oleh karena itu, mereka wajib mengonsumsi nasi hitam yang bisa menghambat pembentukan plak di arteri.

  1. Bersifat anti-inflamasi

Kandungan cyanidin-3-O–D-glikosida dan asam protocathechuic dalam nasi hitam mampu menekan sitokin proinflamasi dalam tubuh sehingga mencegah beragam jenis peradangan.

  1. Membersihkan lever

Mengonsumsi nasi hitam secara teratur bisa menghambat penumpukan lemak di lever karena kandungan zat anti-oksidan yang kuat di dalamnya. Sepiring nasi hitam juga mampu mengurangi masalah hiperlipidemia dan hiperglikemia yang biasanya berhubungan dengan kondisi lever berlemak.

Mengonsumsi nasi hitam memang akan terasa aneh pada awalnya. Namun, mengingat manfaat yang diberikan sangat banyak, pastinya Anda akan berusaha untuk menikmatinya bukan?

Baca Juga:  Inilah Takaran yang Pas Konsumsi Teh Hijau per Hari
loading...
loading...