Yuk, Lihat Manfaat Pisang Merah, Ada Apa Saja Sih?


Pertanianku – Pisang merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Pisang yang biasanya kita kenal adalah pisang yang berwarna kuning dan hijau. Namun, tahukah Anda ternyata terdapat pisang berwarna merah lho?! Pisang merah ini dipercaya memiliki banyak manfaat. Benarkah demikian?

Menurut penelitian yang dilansir dari medicaldaily, pisang merah memiliki kalori sebanyak 30 kalori dan 8 gram gula setiap buahnya.

Berikut beberapa manfaat pisang merah yang wajib Anda ketahui.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pisang merah tinggi kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 400 miligram kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, jantung tetap terjaga kesehatannya.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Pisang merah kaya akan kandungan vitamin C yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C akan merangsang produksi limfosit, sel-sel darah putih yang mampu menyerang patogen seperti bakteri. Limfosit juga akan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi, mengatur respons kekebalan tubuh, serta memperkuat antibodi. Setiap 99 gram pisang merah mampu memenuhi kebutuhan akan vitamin C sebanyak 15%.

Menjaga kesehatan pencernaan

Pisang merah sangat kaya akan serat yang berarti bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaanmu. Kandungan probiotik di dalam pisang merah juga mampu meningkatkan kesehatan usus.

Meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Pisang merah mengandung beta karoten. Ketika masuk ke dalam tubuh, beta karoten berubah menjadi vitamin A yang penting untuk kesehatan kulit dan selaput lendir, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan mata.

Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok? Cobalah makan pisang merah. Sebab, kandungan kalium dan magnesium di dalamnya bisa menahan keinginan untuk merokok serta melawan efek buruk dari merokok.

Itulah kehebatan dari pisang merah untuk kesehatan tubuhmu. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga:  Apa sih Keistimewaan Labu Kuning?
loading...
loading...