Yuk Lihat Manfaat Si Tumbuhan Pemangsa


Pertanianku – Kantong Semar atau Genus nepenthes merupakan tumbuhan familia monotipik, terdiri atas 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami dan buatan. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora di kawasan tropis, meliputi negara Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan, Indochina, Malaysia, Filipmanfaat-si-tumbuhan-pemangsaina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan Australia. Habitat dengan spesies terbanyak ialah di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15–20 meter dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk menangkap mangsanya, seperti serangga, pacet, dan anak kodok.

Tumbuhan langka ini memiliki manfaat bagi manusia, diantaranya:

  • Obat batuk

Kantong semar diyakini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit batuk yang Anda alami. Cara mengolahnya, cukup ambil cairan yang berada dalam kantung semar tersebut, kemudian minum. Cairan tersebut dapat membantu menyembuhkan batuk.

  • Pengganti air minum

Bagi Anda yang senang berpetualang, terutama pergi ke daerah pegunungan ataupun alam liar seperti hutan. Cairan kantong semar bisa digunakan sebagai air minum. Cairan yang ada pada kantong semar ternyata memiliki tingkat keasaman yang netral, sangat baik untuk diminum sebagai pengganti air minum. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi.

  • Obat sakit perut

Cairan dan akar dari tanaman kantong semar memiliiki manfaat yang sangat baik untuk mengobati sakit perut. Cairan kantong semar dapat membantu menyembuhkan dan mencegah peradangan pada lambung sehingga dapat membantu mengurangi gejala sakit perut.

  • Mengobati luka bakar

Cairan kantong semar dapat membantu mengobati luka bakar. Cairan tersebut bersifat mendinginkan dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi akibat dari luka bakar.

  • Menyembuhkan sakit mata
Baca Juga:  Pemanfaatan Selang Infus untuk Tanaman, Seperti Apa Ya?

Apabila mengalami sakit mata, seperti terkena iritasi dan juga terkena debu, kemudian mata Anda memerah, cobalah kompres dengan menggunakan campuran air dan juga cairan dari tanaman kantong semar tersebut.

Itulah beberapa manfaat kantong semar bagi manusia. Meskipun bermanfaat, kantong semar merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong langka sehingga pelestariannya harus kita jaga. Alangkah baiknya bisa ikut melestarikan keberadaan kantong semar. Hal ini karena kantong semar salah satu jenis tumbuhan karnivora yang sangat unik dan juga bermanfaat.

loading...
loading...