Yuk Lihat Perbedaan Sayuran Organik dan Non organik

0

Pertanianku – Mengonsumsi sayuran sangatlah baik bagi tubuh manusia. Tren hidup sehat yang semakin meningkat mendorong masyarakat untuk mengonsumsi sayuran organik daripada non organik. Alasannya karena sayuran organik diproduksi tanpa menggunakan pestisida dan pupuk sintetis, rekayasa genetik, antibiotik, hormon pertumbuhan, bahan pengawet, atau pewarna.  Manfaat makanan organik tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga mengurangi polusi pestisidan dan bahan kimia lain di bumi.

yuk-lihat-perbedaan-sayuran-organik-dan-non-organik

Perbedaan sayuran organik dan non organik dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain:

Proses persiapan dan pemilihan bibit

Persiapan bibit pada penanaman sayuran organik berasal dari tanaman alami, sedangkan bibit sayuran non organik berasal dari hasil rekayasa atau persilangan genetik.

Proses pengolahan tanah

Sebagian besar penanaman sayuran non organik menggunakan traktor mesin, sehingga tanah menjadi padat dan mengakibatkan organisme tanah mati. Sedangkan pada sayuran organik  tanah diolah seminimal mungkin, sehingga organime tanah tetap hidup dan memperkecil risiko kerusakan tanah.

Proses penyemaian atau persiapan penanaman bibit

Penyemaian sayuran organik dilakukan secara alami tanpa pestisida, sedangkan sayuran non organik dilakukan dengan pestisida dan bahan kimia.

Proses penanaman

Pada sayuran organik, proses penanaman hingga panen menggunakan teknik sejenis bibit dan tidak ada kombinasi. Sedangkan penanaman sayuran non organik terdapat variasi tanaman dan tentunya menggunakan penataan tanaman yang lebih baik dari sayuran organik.

Proses pengairan

Pengairan sayuran organik menggunakan air bersih dan bebas dari bahan kimia untuk pengairan, sedangkan pada pertanian organik menggunakan air yang sudah dicampur dengan pestisida dan bahan kimia untuk menjaga tanaman tetap sehat serta mempercepat pertumbuhan.

Proses pemupukan

Sebagian besar pemupukan sayuran organik menggunakan pupuk kandang dan kompos buatan petani sendiri, sedangkan sayuran non organik menggunakan pupuk kimia buatan pabrik.

Proses panen produksi

Hasil panen sayuran organik lebih bersih dan sehat untuk dikonsumsi, sementara hasil  pertanian anorganik kurang baik dan kemungkinan sudah tercemar zat kimia.

loading...
loading...