Kandungan Gizi Labu Kuning

Pertanianku – Buah labu merupakan buah yang cukup populer di Indonesia, bahkan di dunia. Buah labu yang masih muda kulitnya berwarna hijau, sedangkan yang sudah tua dan siap dikonsumsi kulitnya akan berwarna kuning tua sebagai tanda bahwa ada banyak kandungan karoten di dalamnya.

Kandungan Gizi Labu Kuning

Selain kandungan beta karoten, buah labu juga kaya akan kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan gizi labu kuning.

Loading...
  1. Vitamin A dan beta karoten

Beta karoten adalah pigmen warna kuning-oranye yang jika dicerna di dalam tubuh kita akan berubah menjadi vitamin A. Fungsi vitamin A dan beta karoten antara lain berguna untuk kesehatan mata dan kulit, kekebalan tubuh, serta reproduksi. Selain itu, zat gizi ini mempunyai manfaat sebagai anti-okasidan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker dan penyakit jantung.

  1. Vitamin C

Salah satu jenis vitamin yang larut dalam air ini sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. Vitamin C juga berperan pada fungsi kekebalan tubuh dan sebagai anti-oksidan.

  1. Zat besi

Zat besi terutama diperlukan dalam pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Oleh karena itu, buah labu sangat baik bila dikonsumsi oleh yang memiliki riwayat anemia.

  1. Kalium

Fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.

Itulah beberapa kandungan gizi labu kuning yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga:  Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah
Loading...
Loading...