Prospek Budidaya Ikan Haruan Menggiurkan

Pertanianku – Syakdillah, seorang warga Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasim, Kalimantan Selatan itu semakin mantap menggeluti usaha budidaya ikan haruan. Usai memperoleh bantuan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin sebanyak 1.000 ekor benih gabus lengkap dengan pakan berupa udang,

Prospek Budidaya Ikan Haruan Menggiurkan

“Awalnya saya sangat ragu untuk membudidayakan ikan haruan karena sifat ikan ini yang berbeda dengan ikan-ikan yang dibudidayakan selama ini. Selain bersifat kanibal, haruan juga sering meloncat keluar kolam saat hujan disertai petir,” jelas Syakdillah.

Loading...

Untuk menjawab keraguannya, Syakdillah langsung tancap gas begitu seluruh bantuan yang ia terima tiba di halaman rumah. Ia mencoba menebar benih gabus di kolam-kolam yang sudah ada di pekarangan rumah. Sebelum gabus, kolam-kolam itu digunakan untuk membudidayakan ikan gurami, lele dan nila.

“Setelah delapan bulan berlalu, keraguan saya terjawab dengan hasil panen yang memuaskan,” ungkap Syakdillah.

Melihat keberhasilan dan keuntungan yang diraup Syakdillah dirasa cukup menggiurkan, pembudidaya ikan gurami, nila, lele dan patin mulai kepincut ingin mengambil peruntungan dari haruan. Usai memahami ilmu tata cara beternak gabus dari Syakdillah.

Maskur, Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Gabus Gawi Sabumi, di Kelurahan Alalak Utara mengatakan, Syakdillah merupakan sumber inspirasi bagi sebagian warga Kota Banjarmasin karena keberhasilannya menjadi pembudidaya ikan gabus yang sukses.

“Sekarang, sudah ada 9 orang yang budidaya ikan haruan yang tergabung di kelompok kami,” tutur Maskur.

Maskur menambahkan, di pasar, harga ikan gabus jauh melebihi ikan lele, gurami dan nila. Hal ini yang membuat banyak petani ikan mulai tertarik dan mencoba membudidayakan gabus seperti usaha yang di geluti Syakdillah, melihat keuntungan yang didapatkannya cukup menggiurkan.

Syakdillah yang telah menikmati hasil dari budidaya ikan gabus menyatakan siap mengembangkan dan berencana untuk terus menambah jumlah kolam di pekarangan rumahnya, karena ikan gabus disadarinya mulai susah didapatkan dari tangkapan alam. Rawa dan sungai yang menjadi habitat ikan gabus, ungkap Syakdillah, kini banyak yang telah rusak dan tidak terpakai.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Abon Sapi

Budidaya ikan haruan jelas sangat menjanjikan. Ke depannya, saya berencana untuk terus menambah jumlah kolam budidaya tentunya,” tutup Syakdillah.

Loading...
Loading...