Belajar Menanam Bunga Matahari dengan Cara yang Tepat

Pertanianku – Anda pasti sangat mengenal bunga matahari bukan? Bunga cantik ini dapat tumbuh subur, baik di dataran rendah dan tinggi. Saat Anda tertarik menanam bunga matahari yang diperlukan tanaman ini hanyalah sinar matahari yang cukup maka bunga matahari akan tumbuh dengan baik.

Belajar Menanam Bunga Matahari dengan Cara yang Tepat

Bunga matahari menjadi pilihan banyak orang untuk mempercantik pekarangan rumah. Terlebih perawatan bunga ini cukup mudah. Keunikan lain bunga matahari yaitu bunga ini selalu menghadap kearah matahari berada.

Loading...

Jika Anda ingin menikmati bunga matahari, Anda dapat menanamnya. Waktu yang diperlukan dari mulai menanam sampai bunga mulai tumbuh kurang lebih sekitar 2–3 bulan. Namun, hal ini tergantung dari jenis bunga matahari yang Anda tanam, serta kondisi kesuburan tanah, curah hujan dan iklim yang dapat memunculkan bunga yang indah. Berikut beberapa cara menanam bunga matahari.

  1. Pengenalan Benih

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah pengenalan benih bunga.  Benih bunga matahari biasanya besar yang akan membuat mudah dikenali. Benih bunga matahari atau yang lebih kita kenal sebagai kuaci. Berikut beberapa jenis bunga matahari.

  • Mammoth Grey memiliki tinggi mencapai hingga 2 meter. Benihnya yang berwarna putih dengan garis coklat kehitaman dan ukurannya besar.
  • Velvet Queen, bunga matahari berwarna merah darah ini dapat tumbuh sekitar 1 meter lebih. Bentuk dari benihnya lebih ramping dan lebih pendek dibandingkan dengan benih Mammoth Grey.
  • Evening Sun, bunga matahari jenis ini berupa campuran dari berbagai macam warna, maka benihnya juga beragam. Mulai dari warna putih, krem, cokelak tua, dan hitam. Begitu juga nanti warna yang muncul, akan sesuai dengan jenisnya. Mulai dari yang kuning paling cerah, sampai merah seburatorange.

2. Media Tanam

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Pada umumnya bunga matahari dapat tumbuh dikondisi tanah yang bagaimanapun, selama mendapat sinar matahari penuh dan air. Tetapi untuk penyemaian, Anda dapat memilih tanah yang gembur dan subur, yang berguna untuk mengikat air dengan baik.

Bisa juga langsung kamu tanam di media permanennya, di taman atau dimana saja yang kamu suka. Penanaman benih dapat kamu lakukan dengan menekan benih dengan arah ujung bawah ke media tanah yang sudah dibasahi sebelumnya.

3. Tunas

Letakkan pot penyemaian di tempat yang hangat minimal 25º Celcius dan usahakan tidak terlalu terang. Siram dua kali sehari, jika Anda menanamnya di media penyemaian, gunakan sprayer air. Setelah berumur 3–4 hari, maka benih yang tadinya kamu tekan, akan terlihat terangkat sedikit, karena di dalam media benih bunga matahari sudah tumbuh akar.

4. Tunas Muda

Setelah satu minggu kemudian, tanaman setinggi 5 cm akan mulai terlihat. Anda dapat memindahkan tanaman pada kondisi seperti ini, tujuannya adalah agar tanaman tidak bengkok. Penyemaian di dalam rumah, dapat mengakibatkan benih tumbuh bengkok, karena sudah naluri setiap tanaman untuk mencari cahaya matahari.

Akibatya jika Anda terlalu lama memindahkan, tanaman ini akan bisa tinggi kurus dan sangat rentan akan rusak pada saat di tanam atau dipindahkan ke alam terbuka. Pada saat tanaman dipindah usahakan jangan sampai ada akar yang patah. Cungkil seluruh bagian tanaman, jangan sampai ada akar yang terlewat.

4. Tanaman memasuki usia remaja

Pada saat umur bunga matahari 1–2 bulan, maka tanaman sudah mulai jadi. Pada saat inilah waktu yang sangat pas untuk memberika pupuk yang maksimal bisa itu pupuk kandang atau NKP.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

6. Memasuki pertumbuhan bunga

Menjelang usia tiga bulan, akan muncul tunas-tunas bunga di ujung pucuk tanaman, serta di ketiak-ketiak daun. Kamu dapat memotong tunas-tunas tersebut karena tidak akan efektif untuk pertumbuhan bunga matahari. Kebanyakan kuntum bunga, dapat membuat bunga yang dihasilkan nantinya berbentuk kecil karena mereka rebutan nutrisi dengan kuntum-kuntum bunga lainnya.

Pada masa ini Anda dapat melihat ke warna dahan tanaman, dan kamu juga dapat menebak warna apa saja yang nantinya akan muncul sebagai bunga. Jika warna bunganya orange dan merah, maka daunnya cenderung lebih gelap dibandingakan dengan jenis Lemon Queen.

Loading...
Loading...