Trik Jitu Ternak Bebek Supaya Untung

Pertanianku – Peluang bisnis ternak bebek  saat ini semakin pontensial. Permintaan terhadap daging dan telur bebek setiap tahunnya terus meningkat. Peternak bebek pada zaman dahulu hanya fokus pada telur bebek saja, sedangkan dagingnya hanya sebagai produk sampingan. Bebek yang produktifitas telurnya sudah mulai habis baru diambil dagingnya. Saat ini semakin banyaknya permintaan daging bebek membuat para peternak beralih ternak bebek pedaging.

Trik Jitu Ternak Bebek Supaya Untung

Peluang usaha ternak bebek sangat layak untuk dicoba mengingat tingginya permintaan telur dan daging bebek. Anda dapat ternak bebek petelur dan bebek pedaging secara bersamaan atau memilih salah satunya. Secara garis besar cara ternak kedua jenis bebek tersebut sama saja, perbedaannya hanya terletak pada porsi dan jenis makanan yang diberikan.

Namun, dalam ternak bebek diperlukan kerja keras dan sifat pentang menyerah. Karena merawat hewan ternak diperlukan sebuah kesabaran dan ketrampilan. Berikut beberapa trik agar Anda bisa sukses dalam usaha ternak bebek.

  1. Mempersiapkan kandang ternak bebek

Salah satu kunci sukses dalam ternak bebek adalah adanya kandang yang sesuai dengan lingkungan bebek. Anda tidak harus menggunakan bahan yang mahal untuk membuat kandang tersebut. Kandang yang baik adalah kandang yang bersih, higienis dan bisa menampung bebek tanpa berdesakan.

Selain itu, perhatikan tingkat kelembaban kandang bebek, kandang yang bagus biasanya mempunyai tingkat kelembaban di bawah 60% dengan temperatur sekitar 38–30 derajat celsius. Dengan kondisi kandang tersebut akan membuat bibit bebek tumbuh maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

  1. Memilih bibit bebek yang berkualitas

Setelah selesai membuat kandang, hal penting selanjutnya dalam usaha ternak bebek adalah memilih bibit bebek yang berkualitas. Untuk mendapatkan bibit bebek unggul cobalah bertanya kepada petani lain yang telah sukses, bagaimana cara dia mendapatkan bibit bebek yang unggul. Apakah dengan menetaskan sendiri atau membeli dari pihak lain.

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Perkawinan Sapi agar Bunting

Selain itu, Anda juga harus tahu apa saja ciri bibit bebek yang baik untuk dibudidayakan dari kondisi fisiknya. Biasanya bibit bebek unggul mempunyai ciri bulu bebek berwarna kuning mengkilat dan terbebas dari segala macam penyakit dan cacat fisik.

  1. Tahapan pemeliharaan bebek

Untuk menghasilkan bebek yang berkualitas tentu diperlukan pengawasan dan pemeliharaan secara rutin. Hal itu untuk menjaga agar kebutuhan nutrisi bebek tercukupi dengan baik. Selain itu, bila ada bebek yang sakit bisa segera ditangani sebelum menularkan penyakitnya pada bebek lain.

Pada proses inilah biasanya memerlukan ketekunan dan perhatian ekstra dari petani bebek. Hal itu dikarenakan seorang petani bebek dituntut untuk menangani semua masalah yang terjadi pada bebek.

  1. Membuat pakan ternak sendiri

Agar ternak bebek cepat berkembang harus diberikan pakan ternak yang bergizi. Oleh karna itu, biasanya banyak petani yang membuat pakan dengan ramuan tersendiri. Anda bisa membuat pakan bebek dengan bahan jagung, tepung ikan, bekatul, serta diberikan beberapa suplemen agar bebek sehat. Selain itu, keuntungan bisa membuat pakan sendiri adalah bisa menekan biaya operasional sehingga akan meningkatkan keuntungan dari ternak bebek.

  1. Masa panen ternak bebek

Masa inilah mungkin yang paling ditunggu-tunggu oleh para peternak bebek. Tapi ada beberapa tips khusus agar hasil ternak bebek bisa dijual dengan harga yang mahal. Anda harus bisa memperkirakan permintaan pasar dengan jumlah panen. Jangan sampai hasil panen Anda melebihi permintaan pasar, karena akan menimbulkan kelebihan produksi sehingga perputaran uang usaha Anda kurang maksimal.

  1. Pemasaran bebek

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan bebek yang siap panen. Salah salah cara yang bisa digunakan adalah mendatangi langsung warung yang membutuhkan daging bebek seperti rumah makan, restoran atau supermarket.

Baca Juga:  Produk Olahan Bernilai Ekonomi dari Kunyit