Budi Daya Kura-kura Brazil Sebagai Peluang Usaha

Pertanianku – Kura-kura brazil atau dikenal dengan nama lain Red eared slider ini merupakan hewan asli daerah selatan Amerika Serikat dan sekarang telah ditemukan di banyak tempat di dunia. Kura-kura brazil dapat menjadi pilihan untuk dipelihara sebagai  hewan kesayangan. Selain dapat dipelihara, kura-kura brazil juga dapat dibudidayakan sebagai peluang usaha, lho? Tertarikkah Anda menggeluti bisnis budi daya kura-kura brazil?

Budi Daya Kura-kura Brazil Sebagai Peluang Usaha

Jika Anda serius ingin mencoba usaha budi daya kura-kura brazil terdapat beberapa langkah yang harus dipahami. Dalam menjalankan sebuah usaha tidak ada yang dimulai dengan langkah mudah dan cepat. Anda perlu melakukannya secara serius dan tekun. Berikut tahapan budi daya kura-kura brazil.

Loading...
  1. Membuat tempat untuk budi daya

Tahapan pertama untuk budi daya kura-kura brazil adalah Anda perlu mempersiapkan tempat untuk perkembangbiakannya. Terdapat dua macam tempat atau kolam untuk kura-kura, yaitu kolam wadah dan kolam tempat pemijahan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam wadah untuk kura-kura ini. Kolam harus memiliki besar atau luas sebesar enam kali lipat dari besar kura-kura. Selain itu, harus terdapat dua lingkungan di dalam kolam wadah ini, yaitu daratan seluas 10% dari kolam dan sisanya (90%) untuk lingkungan basah atau perairan.

Sebelum membuat kolam, pastikan kura-kura sudah siap melakukan perkawinan. Ukuran kura-kura yang siap kawin kira-kira sebesar piring. Kolam pemijahan kira-kira memiliki luas 2×3 meter. Perlu diperhatikan, pada bagian tengah kolam ini perlu dipasang sekat yang membagi kolam menjadi daerah daratan pasir dan air. Sekat ini berguna menghalangi air agar tidak tercampur dengan pasir karena pasir harus selalu dalam keadaan kering. Selain itu, usahakan kura-kura dapat mencapai daratan untuk meletakkan telur-telurnya. Di atas daratan, tempatkan lampu dengan daya 10 watt. Jarak lampu dengan pasir kira-kira 10 cm.

  1. Memilih kura-kura indukan
Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Selesai membuat kandang, saatnya mengisi kandang dengan kura-kura pilihan. Untuk memilih kura-kura yang baik untuk menghasilkan beratus-ratus kura-kura brazil, utamakan kura-kura yang sehat. Kesehatannya dapat dilihat dari ukuran tubuh kura-kura yang gemuk dan juga disertai keadaan tempurung yang bersih. Umur kura-kura yang tepat untuk dikawinkan adalah 2 tahun.

  1. Tahap pembenihan

Dalam satu kolam lebih baik diletakkan seekor jantan dan dua ekor betina. Air di dalam kolam harus selalu bersih. Oleh karena itu, buatlah aliran kecil di dalam kolam agar terjadi pertukaran air. Makanan yang dapat diberikan berupa sayuran seperti kangkung atau serangga (jangkrik). Usahakan pemberian makanan tidak berlebihan agar kolam tidak kotor. Jika semua langkah telah dijalankan, tunggulah beberapa hari sambil memeriksa di dalam pasir apakah sudah ada telur atau belum ada.

  1. Merawat anak kura-kura

Anak kura-kura yang baru lahir tidak perlu diberikan makanan apapun selama satu hari karena bayi kura-kura memiliki sumber makanan yang berasal dari telurnya. Ketika telah melewati satu hari, pakan seperti pelet atau pakan alami seperti ikan kecil dapat diberikan kepada anak kura-kura brazil ini.

Loading...
Loading...