Ingin Menambah Penghasilan? Yuk Budi Daya Marmut!

Pertanianku – Marmut merupakan salah satu jenis hewan lucu dan menggemaskan untuk dipelihara bahkan dibudidayakan. Baru-baru ini banyak kalangan yang mulai melirik bisnis budi daya marmut. Pasalnya, hewan lucu ini merupakan satu dari sekian banyak hewan jenis lainnya yang banyak dipelihara manusia mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Ingin Menambah Penghasilan? Yuk Budi Daya Marmut!

Bisnis budi daya marmut cukup potensial untuk dikembangkan. Namun, sebelum menggeluti bisnis budi daya marmut, ada beberapa poin penting yang harus diketahui jika Anda benar-benar serius untuk mengembangkan usaha budi daya marmut. Apa saja poin penting tersebut? Berikut penjelasannya.


Loading...
  1. Karakteristik marmut

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memulai budi daya marmut adalah memahami karakteristik hewan lucu ini. Dengan memahami karakteristik marmut akan memudahkan Anda dalam proses pembudidayaannya. Marmut adalah salah satu jenis hewan pengerat. Hewan ini dapat hidup hingga berusia sepuluh tahun dengan rata-rata usia lima sampai tujuh tahun. Dalam budi daya marmut hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang, pakan, dan perawatan bulu.

  1. Pemilihan bibit

Selain mengetahui karakteristik marmut, hal lain yang patut diperhatikan adalah pemilihan bibit marmut yang akan dibudidayakan. Pilihlah bibit yang sehat dan terbebas dari penyakit. Hal ini dapat dilihat dari kondisi fisik seperti mata, bulu, dan ukuran tubuh. Sebagai awal, Anda dapat membeli minimal sepasang bibit jantan dan tiga pasang bibit betina. Perhatikan pula usia bibit.

  1. Tahap persiapan

Tahap persiapan pada budi daya marmut meliputi persiapan kandang, pakan, dan perlengkapan. Kandang ideal bagi marmut haruslah berukuran besar karena hewan ini termasuk jenis hewan yang aktif bergerak. Anda harus menyediakan minimal dua jenis kandang, yaitu kandang pembibitan dan kandang untuk marmut dewasa. Ukuran minum kandang adalah 0,5×0,5 m. jika ingin meletakkan lebih dari satu marmut dalam satu kandang, ukurannya harus ditambah menjadi 0,7×0,7 m.

Berdasarkan cara budi daya marmut yang benar, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan kandang berupa akuarium atau menggunakan kontainer plastik. Pastikan juga kandang memiliki ventilasi yang memadai dan tidak membatasi penglihatan serta suara. Kandang yang dianjurkan adalah kandang yang terbuat dari mesh dan lembaran coroplast.

  1. Perlengkapan yang dibutuhkan

Selain kandang, hal lain yang perlu dipersiapkan dalam proses pemeliharaan dan budi daya marmut adalah perlengkapan. Perlengkapan paling utama adalah alas atau bedding yang diletakkan dalam kandang. Anda dapat menggunakan serutan kayu aspen sebagai bedding. Pastikan bedding diganti secara teratur untuk menghindari bau dan menjaga kesehatan marmut yang dibudidayakan.

Perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam cara budi daya marmut adalah botol air minum, tempat makanan, rak jerami, pigloo atau kotak kecil tempat berlindung, dan tempat tidur. Anda juga dapat memasukkan perlengkapan permainan ke dalam kandang seperti kincir atau roda.

  1. Pemberian pakan

Marmut dikenal sebagai hewan yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Oleh karena itu, pemberian pakan adalah salah satu bagian penting dalam cara budi daya marmut. Anda dapat memberikan pelet khusus marmut yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu, Anda juga dapat memberikan berbagai macam sayuran seperti selada, wortel, parsley, bayam, dan tomat. Anda juga bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak 10—30 mg setiap harinya.

  1. Perawatan

Hal lain yang perlu dilakukan dalam memelihara marmut adalah perawatan. Perawatan paling utama adalah perawatan bulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memandikan marmut secara teratur dan menggunakan sampo dengan formula khusus. Selain memandikan, Anda juga harus melakukan perawatan lain seperti memotong kuku dan menyisir bulu marmut secara berkala.

Jangan lupa untuk mengeluarkan marmut dari kandangnya sesekali dan membiarkan marmut bermain di lantai untuk mengurangi stres. Saat mengeluarkan marmut dari kandang, pastikan marmut selalu berada dalam pengawasan Anda. Anda juga dapat memberikan mainan berupa rol tisu atau bel mainan selama marmut berada di luar kandangnya.

Loading...
Loading...