Pria Ini Raup Omzet Rp50 Juta per Bulan dari Bisnis Olahan Jahe Merah


Pertanianku – Seorang pria berusia 62 tahun, pensiunan PT Krakatau Steel, Tbk. bernama Turijo mencoba berwirausaha dengan mengembangkan usaha olahan jahe merah sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit

bisnis-olahan-jahe-merah-pria-ini-raup-omzet-rp50-juta-per-bulan

Seperti yang kita ketahui, jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan dalam dunia herbal jahe merah kerap digunakan sebagai ramuan yang dinilai mujarab. Untuk itulah Turijo tertarik menggeluti usaha olahan jahe merah.

Meskipun telah pensiun, hal ini tak membuat Turijo berdiam diri di rumah. Ia tetap berusaha mencari nafkah untuk keluarganya. Dan usaha yang ia geluti beberapa tahun ini membuahkan keuntungan yang sangat manis. Dalam sebulan Turijo dapat meraup omzet sekitar Rp50 juta. Cukup fantastis bukan?

Turijo menceritakan, bisnis pembuatan jahe merah dirintis dari rumahnya di Desa Kebondalem, Cilegon, Banten. Dari awalnya hanya dibantu istri, kini Turijo sudah memiliki 7 orang karyawan yang membantu selama proses produksi jahe merahnya.

“Dalam satu bulan produksinya 1 ton lebih, saya malah kalau ada modal dan pasar menargetkan 500 kg per hari. Omzet sekarang Rp50 juta dalam satu bulan,” kata Turijo, seperti dilansir DetikFinance (19/12).

Jahe merah sebagai bahan baku diperoleh dari petani di kawasan Banten.

“Semua bahannya dari petani di Banten. Saya kerja sama dengan petani, saya arahkan waktu tanam mereka agar sepanjang tahun bisa panen,” ucap Turijo.

Dirintis pada 2011 setelah pensiun, omzetnya terus naik setelah dirinya beberapa kali hadir dari satu pameran ke pameran lain. Bahkan, produk obat herbalnya ini sudah menembus sejumlah pasar modern di berbagai kota.

“Sudah dipasarkan di Bandung, Jakarta, Banten, dan daerah lainnya lewat Carrefour dan Lottemart. Kalau dulu ikut pameran berangkat bawa berat, pulang bawa berat, sekarang berangkat berat pulangnya bawa enteng,” lanjut Turijo.

Baca Juga:  Tanaman Gandarusa Berkhasiat sebagai Penghambat HIV, Ini Kata Ilmuwan

Harga jahe yang punya banyak khasiat ini, lanjutnya, juga masih sangat terjangkau. Satu kemasan isi 5 × 15 gram dibanderolnya seharga Rp15.000. Dirinya juga telah meluaskan usahanya dengan memproduksi bubuk kunyit, temulawak, dan kencur.

loading...
loading...