Potensi Besar Budidaya Ikan Cupang Koi Omzetnya Fantastis


Pertanianku – Seorang pelajar asal Palembang, Sumatera Selatan, Ahmad Fauzan memiliki jiwa kemandirian dan wirausaha yang membuatnya mampu menjadi kebanggaan keluarga. Bahkan, menjadi penopang ekonomi keluarga.

potensi-besar-budidaya-ikan-cupang-koi-omzetnya-fantastis

Sehabis pulang sekolah, Fauzan selalu rajin memberikan pakan berupa jentik-jentik nyamuk ke ratusan ekor ikan cupang koi yang ada di dalam toples kaca. Siswa kelas satu sekolah menengah pertama ini memang menjadi pecinta ikan hias terutama jenis cupang koi. Bahkan, hobinya ini telah dimulai sejak SD.

Dirinya menyukai ikan cupang koi karena memiliki warna seperti ikan koi, tetapi lincah seperti ikan cupang umumnya. Fauzan menjelaskan serius membudidayakan ikan cupang sejak kelas dua SMP terutama saat ia memiliki akun Facebook. Dirinya terkejut melihat ikan yang dipeliharanya ini ternyata bernilai jual tinggi hingga Rp500.000 bahkan jutaan rupiah.

“Ini saya ikan cupang koi lebih jelasnya cupang plakat koi jadi ini unik dari warna kalau lebih pekat lebih mahal. Awalnya, saya cuma hobi dari SD namun mahal kan jadi saya jadikan bisnis agar bisa biayai sekolah,” kata Fauzan.

Dirinya pun mencari tahu budidaya cupang koi. Ternyata cukup mudah, ia hanya harus rajin memberi pakan berupa jentik nyamuk 3 kali sehari dan memisahkan ikan-ikan jika dirasa cukup besar ke tempat yang lebih luas.

Selain itu, agar tidak terkena penyakit harus rajin diganti air minimal seminggu sekali. Berkat usahanya ini ia bisa meraih penghasilan Rp5 juta per bulan yang digunakan untuk biaya sekolah dan membantu orang tuanya yang bekerja sebagai buruh. Selain sejumlah daerah di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Kalimantan, dan Sulawesi Tenggara, Ahmad Fauzan mampu menembus pasar hingga ke Singapura.

Baca Juga:  Indonesia Siap Merajai Pasar Ikan Hias Dunia
loading...
loading...