Anjing Pelacak Bisa Mendeteksi Kanker Paru-paru, Mitos atau Fakta?

0

Pertanianku – Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Tidak heran, hewan satu ini sering membantu kepolisian guna melacak dan membongkar suatu kasus. Namun, tahukah Anda ternyata anjing pelacak memiliki kemampuan lain?

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Schillerhoehe Hospital di Jerman menemukan bahwa anjing pelacak mampu mendeteksi penyakit kanker paru-paru berusia dini. Penderita kanker paru-paru yang jarang terdeteksi pada stadium awal karena tidak adanya gejala yang pasti ini kini memiliki harapan untuk menjalani pengobatan lebih awal dengan deteksi dari anjing pelacak.

Para peneliti menggunakan anjing pelacak untuk mengidentifikasi senyawa organik volatil (VOCs) yang terkait dengan keberadaan kanker dalam napas pasien. Hasil dari penelitian yang telah dilaporkan pada jurnal European Respiratory tersebut pun menghasilkan bukti bahwa anjing pelacak ternyata berhasil mendeteksi 71 pasien yang positif kanker dari total 100 penderita.

Para anjing pelacak yang sudah terlatih tersebut juga mampu membedakan pasien dengan penyakit ini, chronic obstructive pulmonary disease (COPD), dan para perokok.

“Pada napas pasien penderita kanker paru-paru, ada kemungkinan bahan kimia yang dihasilkan berbeda dengan napas normal dan penciuman anjing pelacak yang tajam mampu mendeteksi perbedaan tersebut pada awal gejala penyakit,” ungkap Thorsten Walles, kepala peneliti dari Schillerhoehe Hospital, seperti melansir India Times.

loading...
loading...