Indonesia Gandeng Australia Guna Tingkatkan Kesehatan Hewan


Pertanianku – Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan Australia membuat program “One Health”. Program ini bertujuan meningkatkan sistem kesehatan hewan di Indonesia.

Kerja sama ini merupakan sebuah program kemitraan antarpemerintah yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air (DAWR) dari Australia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita menyebutkan kerja sama ini dilakukan untuk menguatkan pelayanan veteriner di Indonesia.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan untuk pencegahan, deteksi, dan pengendalian penyakit-penyakit hewan menular prioritas dan yang baru muncul.

“Anggaran kerja sama didanai pemerintah Australia sebesar 6,9 juta dolar Australia dalam kurun waktu tiga tahun, yakni 2015 hingga 2018,” kata Ketut, baru-baru ini seperti melansir Kompas (22/2).

Ketut menjelaskan, upaya kerja sama yang akan dilakukan merupakan kelanjutan program Australia—Indonesia Partnership for Emerging Infectious Diseases (AIP-EID) yang telah dilaksanakan pada periode 2010 hingga 2014.

Ketut mengatakan bahwa kerja sama tersebut menjadi faktor penting terutama dalam penguatan sistem pelayanan kesehatan hewan nasional sebagai upaya menghadapi ancaman masuknya penyakit hewan menular di dunia peternakan.

Ada tiga poin utama dalam kerja sama tersebut. Pertama, persiapan dan kesiapsiagaan darurat. Kedua, sistem informasi kesehatan hewan. Ketiga, penguatan kapasitas kepemimpinan dan manajemen pencegahan munculnya penyakit-penyakit baru yang berpotensi menjadi ancaman ekonomi dan ancaman sosial di Indonesia.

“Jika terjadi outbreak (wabah) suatu penyakit di wilayah di Indonesia, tentunya ini akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah,” ungkap Ketut.

Baca Juga:  Uniknya Mangga Alpukat dari Pasuruan
loading...
loading...