Bantu Pertumbuhan Kelinci dengan Tepung Kunyit


Pertanianku – Kelinci adalah hewan yang memiliki nilai jual tinggi. Hewan yang memiliki tubuh mungil ini biasanya diternakkan sebagai hewan peliharaan dan ada juga yang khusus diternakkan sebagai kelinci pedaging untuk dikonsumsi.

Jika Anda menjalankan usaha ternak kelinci, keuntungan yang didapatkan tidak hanya dari menjual kelincinya, bahkan terdapat keuntungan lain dari kotoran dan urine kelinci yang dapat dijual.

Kotoran dan urine kelinci harganya lebih mahal karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan ternak ruminansia. Lalu, bagaimana cara agar kelinci bisa cepat tumbuh?

Sebenarnya, Anda menjalankan usaha ternak kelinci sangat menguntungkan. Kelinci merupakan ternak kecil yang tidak membutuhkan lahan luas dalam pemeliharaannya, pakannya tidak bersaing dengan kebutuhan ternak lain, bisa diberikan limbah sayuran, dan produktivitasnya cepat.

Ada cara lain agar kelinci bisa cepat tumbuh, yaitu dengan pemberian tepung kunyit (Curcuminoid) pada ransum. Tujuannya, memperbaiki pertumbuhan kelinci melalui perbaikan pencernaan zat-zat makanan dan meningkatkan efisiensi penggunaan ransum.

Penggunaan kunyit secara teknis sangat mudah dilakukan, yaitu dengan dicampurkan dalam ransum. Selain itu, kunyit harganya sangat murah sehingga tidak menyebabkan kenaikan harga ransum.

Pemberian tepung kunyit 2% dalam ransum kelinci dapat meningkatkan berat badan akhir dan pertambahan berat badan sehingga pertumbuhannya lebih tinggi. Konsumsi ransum kelinci yang diberikan tambahan tepung kunyit 2% dalam ransum lebih sedikit dibanding ransum tanpa tambahan tepung kunyit dan pertumbuhan yang tinggi menyebabkan FCR yang dihasilkan lebih rendah.

Hasil analisis usahanya, kelinci yang digemukkan dengan pemberian 2% tepung kunyit dalam ransumnya memberikan keuntungan yang paling tinggi dengan R/C ratio 1,30 dan B/C ratio 0,30.

Baca Juga:  Budidaya Tokek Itu Gampang, Begini Caranya!
loading...
loading...