Budidaya Pepaya California Omzet Rp5 Juta Sekali Panen


Pertanianku – Sukarman, petani asal Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta ini mencoba peruntungannya dengan menjalankan budidaya pepaya california. Ia berhasil mengembangkan usahanya. Bahkan dalam sekali panen dapat meraup omzet sekitar Rp5 juta.

Tak hanya Sukarman saja yang beralih peruntungan dengan membudidayakan pepaya california, tapi beberapa petani lahan pasir pun mengikuti jejaknya mulai menanam pepaya california.

“Saat ini, areal tanam pepaya california seluas enam hektare. Mulai Maret ini, petani lahan pasir memanen pepaya,” kata Sukarman di Kulon Progo, dikutip dari okezone.

Ia mengatakan, harga pepaya california di tingkat petani sangat bagus, yakni Rp3.600 per kilogram dan kualitas AB Rp4.000 per kg. Dalam sekali panen, petani mendapat keuntungan Rp3 juta—Rp5 juta.

“Keuntungan menanam pepaya jenis california tidak kalah dengan komoditas hortikultura lainnya, seperti cabai, semangka dan melon. Kami sangat beruntung lahan pasir sangat cocok ditanami berbagai komoditas hortikultura,” ungkap Sukarman.

Dia mengatakan, pepaya hasil panenan petani pesisir Kulon Progo dipasarkan di Bandung, Jakarta, dan Pasar Buah Induk Gamping Sleman. Setiap 10—20 hari, petani panen pepaya.

“Pedagang dari berbagai daerah langsung ke lahan milik petani. Jadi, kami tidak kesulitan untuk menjual pepaya,” lanjutnya.

Ia menyatakan pepaya california yang ia jual dijamin berkualitas baik. Biasanya, petani memetik pepaya saat matang. Pihaknya juga melakukan perawatan secara intensif supaya tidak terserang jamur.

“Sampai saat ini, tanaman pepaya tidak diserang jamur. Kami berupaya tidak ada serangan jamur atau hama lainnya,” pungkas Sukarman.

Menyoal keunggulan, seperti diketahui, pepaya california ini memiliki keistimewaan berukuran sedang dengan berat 0,8—1,2 kg, berkulit tebal dengan permukaan rata, dagingnya kenyal, tebal, dan lebih manis, berwarna merah dan berbentuk lonjong.

Baca Juga:  Mengulik Rahasia Aroma Menyengat Buah Durian

Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan daerah Karibia ini bisa ditanam sepanjang tahun. Menariknya lagi, sejak mulai panen di umur 8 bulan, satu pohon yang juga memiliki nama sebutan calina ini bisa dipanen 1 buah tiap minggu hingga umur 3 tahun.

loading...
loading...