Indonesia Targetkan Peringkat Kedua Kakao Penghasil Kakao di Dunia

0

Pertanianku – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kakao dan selalu mengekspor kakao ke beberapa negara. Hal ini karena produksi kakao di tanah air sangat melimpah. Bahkan, Indonesia berhasil berada di peringkat ketiga sebagai negara penghasil kakao.

Namun, pemerintah tampaknya tidak puas akan peringkat tersebut dan menargetkan peringkat Indonesia menjadi nomor dua sebagai penghasil kakao terbesar di dunia. Saat ini, Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai negara penghasil kakao.

“Sekarang produksi kita masih kurang dari 800 ribu ton (per tahun), bagaimana caranya kita jadi 1,5 juta ton (per tahun) padahal kita punya lahan cukup,” jelas Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla seperti melansir Republika (1/3).

Pemerintah mendorong peningkatan produktivitas perkebunan kakao atau cokelat untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. Peningkatan produktivitas tersebut dilakukan dengan peremajaan di sejumlah perkebunan kakao terutama yang berada di Sulawesi.

Jusuf Kalla mengatakan, sebagian besar perkebunan kakao di Sulawesi merupakan perkebunan rakyat sehingga membutuhkan bantuan pembibitan dan teknologi yang lebih baik. Oleh karena itu, pemerintah mendorong peremajaan perkebunan kakao ini dengan menggunakan KUR.

“Karena KUR selama ini lebih banyak di sektor perdagangan, maka kita dorong ke produktivitas,” kata Jusuf Kalla.

Peremajaan perkebunan kakao diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan menambah pasokan bahan baku bagi industri. Jusuf Kalla mengatakan kapasitas industri pengolahan kakao di dalam negeri meningkat, tetapi kekurangan bahan baku sehingga harus impor. Peningkatan industri tersebut menyusul adanya kebijakan bea ekspor sehingga industri ikut berkembang.

loading...
loading...