Hari ini Taman Nasional Komodo Genap Berusia 37 Tahun


Pertanianku – Taman Nasional Komodo atau yang sering disebut pulau komodi hari ini, tanggal 6 Maret 2017 genap berusia 37 tahun. Tanaman nasional ini berlokasi di antara pulau Sumbawa dan pulau Flores.

Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia. Komodo menjadi salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan sebagai tempat perlindungannya didirikan Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo.

Kawasan Taman Nasional Komodo sendiri ditetapkan pada 1980. Dengan luas mencapai 173.300 hektare serta meliput daratan dan lautan dengan lima pulau utama, yakni Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Gili Motang, dan Nusa Kode.

Komodo merupakan salah satu hewan langkah yang rawan punah di Indonesia. Komodo adalah hewan endemik Nusa Tenggara Timur. Keberadaan komodo sekarang dimasukkan oleh IUCN ke dalam kategori rawan punah. Keberadaan komodo di alam liar terancam oleh kegiatan manusia seperti alih fungsi lahan, perburuan liar, pembakaran hutan, dan kegiatan yang dapat mengancam lainnya.

Komodo di Taman Nasional hanya berjumlah sekitar 3.000 ekor dengan jumlah tersebut komodo kini berstatus rentan punah. Habitatnya tersebar di empat pulau besar di Taman Nasional Komodo.

Semakin berkurangnya populasi komodo mendorong pemerintah untuk ikut serta dalam upaya perlindungan komodo, antara lain dengan membangun taman nasional pulau Komodo, melarang pemburuan dan perdagangan organ komodo, Dan menghukum pelaku pemburuan hewan langkah tersebut.

Pada 1991 pulau komodo mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai World Heritage Site (Warisan Dunia). Setelah itu, Pulau Komodo banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang, Belanda dan Jerman.

Komodo sendiri termasuk hewan yang sensitif terhadap perubahan iklim dan perlakuan manusia. Namun, pulau komodo kini telah menjelma menjadi Taman Nasional Komodo sebagai tempat wisata. Bahkan seperti yang kita tahu bahwa pulau komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia inilah yang membuat banyak wisatawan semakin tertarik mengunjungi pulau komodo.

Baca Juga:  Yuk, Lihat Keunikan Perilaku Lumba-Lumba Si Hewan Paling Cerdas

Kita sebagai generasi penerus bangsa sebisa mungkin harus melestarikan kekayaan negeri kita ini. Salah satunya dengan cara menjaga kelestarian komodo dengan cara tidak memburu komodo, dan tidak merusak habitat komodo. Pasalnya komodo termasuk salah satu satwa yang rawan punah untuk itulah perlu dijaga kelestariannya.

loading...
loading...