Keunggulan Mangga Borneo, Buah Asli Kalimantan

    0

    Pertanianku – Salah satu buah unggul asal Kalimantan Selatan adalah mangga borneo. Community Biodiversity Management (CBM) atau pemberdayaan masyarakat dalam melakukan konservasi Sumber Daya Genetika (SDG) di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, telah berhasil mengonservasi mangga borneo sebagai sumber daya genetika (SDG) asli dari Kalimantan Selatan. Konservasi dilakukan, baik secara in-situ maupun on farm sebagai komplementer dari konservasi ex-situ.

    Kegiatan ini merupakan pendekatan konservasi SDG yang seringkali dinilai mahal terutama terkait eksplorasi dan pemeliharaan.

    CBM di Kalimantan Selatan telah dilaksanakan sejak 2011 oleh Balitbangtan melalui Puslitbang Hortikultura dan BPTP Balitbangtan Kalsel, bekerja sama dengan Bioversity International, UNEF dan GEF.

    Hasil dari upaya konservasi, budidaya, dan pemberian nilai tambah yang telah dilaksanakan di antaranya berupa penyusunan Fruit Catalog (katalog buah), perbenihan, pembagian benih ke masyarakat, pembuatan diversity blok, pengembangan forest gene bank, pelatihan penangkaran–budidaya–pengolahan–administrasi–manajemen keuangan, pemberian bantuan untuk pengolahan dan koordinasi dengan PEMDA dan Perguruan Tinggi.

    Selain itu, sosialisasi ke sekolah-sekolah akan pentingnya konservasi melalui school diversity garden, diversity fair (pameran keragaman), pemilihan dan pemberdayaan custodian farmers (petani pelestari), dan banyak kegiatan yang lain.

    Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Hardiyanto mengatakan, pentingnya konservasi SDG berbasis komunitas karena akan memberikan multiplier effect positive kepada pihak-pihak terkait.

    “Peran Pemda juga sangat dibutuhkan sehingga konservasi SDG berbasis komunitas ini bisa berkelanjutan dan menghasilkan nilai tambah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

    Sementara Kepala Bidang KSPDHP Puslitbang Hortikultura Dr. Idha Widi Arsanti mengatakan, pelaksanaan kegiatan konservasi SDG di Kalimantan Selatan ini diharapkan dapat dilanjutkan guna melakukan pendaftaran beberapa varietas mangga dengan bekerja sama dengan Pemda.

    loading...
    loading...