Usaha Budidaya Ikan Hias Komet Tidak Ada Matinya


Pertanianku – Apakah Anda seorang penggemar ikan hias, dan tertarik untuk manjalankan usaha ikan hias. Jika iya, menjalankan usaha budidaya ikan komet bisa menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, penggemar ikan satu ini tidak pernah ada matinya. Bahkan, bisa dikatakan ikan komet memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan berprospek cerah.

Jika tertarik menjalankan usaha ini, untuk memulai budidaya ikan komet, setidaknya Anda memerlukan indukan sebanyak 300 ekor. Hal ini karena ikan komet dapat bertelur tiap tiga bulan sekali selama dua tahun dan masa panen 20 hari sekali. Jadi, seorang petani ikan komet tidak akan pernah kehabisan pasokan.

Salah seorang pembudidaya ikan komet yang telah berhasil menjalankan usaha budidaya ikan komet adalah Rasyid seorang pria yang tinggal di Bekasi, Jawa Barat.

“Saya memasok ikan komet ke Bandung, setiap 15 hari sekali, sebanyak 3.000 ekor atau setara dengan Rp7.500.000,” beber Rasyid, seperti melansir Jitunews (7/3).

Rasyid menceritakan, sebenarnya, permintaan ikan komet selalu datang setiap minggu, tapi karena pembesarannya belum maksimal, Rasyid tidak bisa memenuhi permintaan itu.

Rasyid juga menjual benih komet seukuran jari orang dewasa. Sementara itu, untuk yang dipasok ke Bandung, Rasyid membeli benihnya di Sukabumi.

Lebih lanjut Rasyid mengatakan, pada satu sisi, bisnis budidaya ikan hias ini tidak ada ruginya, dengan catatan pasarnya ada. Di sisi lain, ketika segala hal sudah dikaitkan dengan hobi, harga tidak lagi menjadi pertimbangan.

“Banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin budidaya ikan. Mulai dari tempat sampai kuota ikan yang baik jika ingin budidaya. Bisnis ikan juga sebenarnya pasti selalu ada dan selalu terbuka asalkan ada pasar atau peminatnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?

Jadi, apakah Anda tertarik mengikuti jejak Rasyid untuk menbuka usaha budidaya ikan komet?

loading...
loading...