Menjalankan Bisnis Tanaman Hias di Pekarangan Rumah, Kenapa Tidak?


Pertanianku – Melakukan bisnis di pekarangan rumah? Bagaimana mungkin? Pasti bisa! Salah satu bisnis yang bisa dilakukan di pekarangan rumah adalah bisnis budidaya tanaman hias. Akhir-akhir ini bisnis tanaman his di pekarangan rumah mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Pasalnya, bisnis ini selain cukup mudah juga sangat menjanjikan. Profit dari bisnis tanaman hias sangat tinggi dan biaya operasionalnya cukup murah.

Selain itu, bisnis ini juga bisa dilakukan dalam skala yang kecil seperti skala rumahan. Sangat cocok bagi para pemula yang ingin mengawali bisnisnya, tetapi hanya memiliki modal yang terbatas. Bisnis tanaman hias bisa dilakukan di halaman rumah. Jadi, tak perlu lahan yang luas dan khusus untuk bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

Untuk mengawali sebuah bisnis tentunya Anda harus memiliki modal yang cukup. Modal di sini tak hanya diartikan sebagai uang saja, tetapi juga modal pengetahuan. Untuk memulai bisnis tanaman hias, setidaknya Anda harus punya pengetahuan tentang produk yang dibisniskan, yakni tanaman hias itu sendiri.

Pilih jenis tanaman hias yang hendak Anda budidayakan dan Anda jual. Pilih tanaman yang mudah dibudidayakan, tanaman yang sesuai dengan kondisi daerah tempat tinggi, dan tanaman yang laku di pasaran. Setelah Anda menentukan pilihan tanaman jenis apa yang hendak dibisniskan, selain itu harus diketahui juga bagaimana proses budidaya dan perawatannya.

Anda bisa memanfaatkan berbagai media untuk mencari informasi mengenai karakteristik dan bagaimana cara budidaya tanaman hias yang sudah Anda pilih. Usahakan untuk belajar secara serius dan detail, agar nantinya saat terjun ke lapangan Anda tidak merasa kebingungan.

Setelah memiliki modal pengetahuan tentang karakteristik tanaman hias, selanjutnya Anda harus melakukan riset pasar. Tujuannya, mengetahui sasaran konsumen yang hendak Anda bidik dan strategi pemasaran mana yang cocok digunakan.

Baca Juga:  Yuk, Kenali 5 Tanaman Hias yang Membersihkan Udara di Rumah

Setelah segalanya siap, Anda bisa langsung terjun ke lapangan dengan membuat media atau tempat budidaya dan perawatan tanaman hias. Karena tempat yang dipilih adalah halaman rumah, usahakan untuk mengatur penempatannya sebaik mungkin.

Jika Anda memiliki lahan halaman yang tak terlalu luas, Anda bisa memanfaatkan layout bertingkat. Namun, yang harus diperhatikan adalah kebutuhan tanaman hias yang Anda budidayakan. Pasalnya, ada sebagian tanaman yang memerlukan sinar matahari secara cukup untuk bisa hidup dan tumbuh dengan maksimal.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapat dari bisnis tanaman hias di halaman rumah adalah mempercantik dan memperindah halaman rumah. Selain itu, tanaman hias juga sedap dipandang sehingga mampu menghilangkan stres.

loading...
loading...