Cara Mudah Mengatasi Kambing Cacingan dengan Buah Nanas

Pertanianku – Peternakan kambing di Indonesia cukup terintegritas. Pasalnya, daging kambing cukup digemari masyarakat. Terlebih saat perayaan Idul Adha permintaan kambing sangatlah tinggi.

Namun, sebagian peternak menjadikan bisnis ternak kambing sebagai usaha sampingan saja. Cara pemeliharaannya pun masih sederhana. Hal inilah yang membuat manajemen pemeliharaan terbilang masih sangat sederhana. Berbekal sistem pemeliharaan tradisional dan diperparah dengan kondisi lingkungan yang terdegradasi, kambing cukup rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Salah satunya, penyakit cacingan dari spesies Haemonchus contortus yang merupakan jenis cacing dari golongan Nematoda dengan angka infeksi dapat mencapai 80%.

Tanda-tanda kambing cacingan adalah kambing semakin kurus seperti berat badan tidak sesuai umur, bulu agak berdiri dan kusam, sembelit atau kotoran lembek sampai mencret sehingga kandang cepat kotor, terlihat lesu dan pucat serta nafsu makan berkurang, rahang terlihat membengkak, dan yang paling mengerikan adalah mati mendadak.

Kambing yang menunjukkan gejala cacingan bisa diobati dengan obat tradisional atau dengan obat pabrikan. Obat tradisional lebih murah, mudah didapat, dapat dikerjakan oleh peternak, dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan, sedangkan obat pabrikan sebaliknya.

Obat cacing tradisional yang telah terbukti efektif mengurangi infeksi cacing pada kambing adalah tanaman nanas. Seluruh bagian tanaman nanas dapat digunakan untuk pengobatan cacingan pada kambing.

Cara mengolahnya pun cukup mudah, Anda harus mengupas kulit nanas terlebih dahulu hingga bersih baru kemudian berikan nanas pada kambing. Berikan nanas sekitar 600 mg per 1 kg bobot badan kambing. Perlakuan ini sebaiknya diulang sampai 10 hari ke depan. Namun, hindari pemberian nanas pada kambing yang sedang hamil.

loading...
loading...