Raup Omzet Berlipat dari Ternak Bebek, Berani Mencoba?!

0

Pertanianku – Bisnis peternakan bebek memang tidak pernah ada matinya. Tingkat permintaannya yang cukup tinggi menjadikannya usaha yang menjanjikan dan tergolong berprospek tinggi. Untuk itulah, banyak orang yang kini mulai tertarik melirik mengembangkan usaha ternak bebek.

Pasalnya, dalam bisnis kuliner, bebek cukup diperhitungkan. Hidangan dengan bahan utama bebek memang sangat terkenal karena daging bebek yang gurih. Jika Anda memiliki lahan yang cukup dan memang tertarik dengan dunia peternakan, beternak bebek adalah pilihan yang menjanjikan.

Dengan melihat target market restoran penyedia menu olahan bebek, peluang bisnis ternak bebek ini akan bertahan dan bisa terus berkembang. Tidak tanggung-tanggung, kebutuhan bebek saat ini mencapai 2.000—3.000 ekor per minggunya, sedangkan pasokan yang ada masih kurang.

Tentu, tidak ada ruginya mencoba bisnis ini. Selain membutuhkan pasokan bebek hidup dengan kondisi yang sehat, para pembeli umumnya juga membutuhkan pasokan bebek yang sudah dipotong dan beku atau bebek frozen.

Untuk mengembangkan peluang bisnis ternak bebek ini, Anda harus terus belajar mengenai pemeliharaan bebek hingga memenuhi standar jual. Selain itu, Anda juga harus pandai-pandai menyiapkan bebek dengan kualitas yang memang dibutuhkan pembeli.

Contohnya, banyak pembeli yang merupakan pebisnis kuliner mencari bebek yang sudah dipotong yang sudah bersih tanpa kepala dan jeroan. Selain itu, Anda juga harus menentukan apakah ingin bergelut di bisnis bebek lokal atau bebek impor.

Bebek pun harus dikelompokkan berdasarkan usianya. Pasalnya, setiap pembeli membutuhkan bebek dengan usia tertentu. Contohnya, ada pembeli yang lebih suka dengan bebek muda. Ada pula pembeli yang suka dengan bebek dewasa atau bebek tua.

Harga bebek pun masih bisa bersaing. Untuk bebek muda siap jual, Anda bisa menawarkannya sekitar Rp35.000 per kg. Sementara itu, untuk bebek dewasa dan tua, harga pasarannya adalah Rp45.000 per kg dan Rp55.000 per kg.

Untuk bebek impor, harganya sekitar Rp40.000 per kg. Beberapa pemasok bebek lebih suka memasarkan bebek impor karena daging bebek impor lebih tebal, rasanya lebih gurih, dan ususnya lebih pendek.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik dan benar hingga masa panen. Standar umur bebek yang siap dipanen berkisar 4—11 bulan dengan berat 1,3—1,5 kg. Kunci sukses dari peluang bisnis ternak bebek ini adalah kualitas bebek serta jaringan yang Anda miliki.

Untuk itu, sembari menyiapkan bebek-bebek tersebut, gunakan waktu yang ada untuk mempelajari seluk beluk bebek sekaligus perkembangan terkini tentang perawatan bebek. Jika sudah memiliki jaringan yang luas, bisa jadi Anda harus memasok setidaknya 2.000 ekor bebek per minggu bahkan bisa lebih.

Bagaimana, tertarik menggeluti usaha ini?

loading...
loading...