Penjelasan Fenomena Salju di Jakarta

0

Pertanainku – Pada Sabtu, (6/5), pengguna media sosial dihebohkan dengan video yang memperlihatkan adanya hamparan putih seperti salju di sepanjang jalur cepat di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. video tersebut seketika menjadi viral, bagaimana tidak, sebagian masyarakat menduga busa tersebut adalah salju.

Kepala Sub Bidang Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Harry Tirto Djatmiko, mengungkapkan “Fenomena tersebut merupakan tumpahan busa dari truk yang lewat. Fenomena salju biasa terjadi di daerah subtropis dan kutub, jadi tidak benar berita yg beredar tersebut,” ujarnya.

Harry mengatakan, jika dilihat dari teksturnya, Harry menduga itu adalah busa dari kendaraan bermotor yang mengangkut cairan tertentu. “Dari teksturnya itu menunjukkan busa,” ungkap Harry.

Lebih Lanjut Harry mengatakan zat putih itu juga hanya ada di jalur cepat. Sementara di jalur lambat tak ada yang seperti itu. “Kalau itu salju, kenapa jalan di sampingnya enggak kena?” lanjut Harry.

“Fenomena tersebut merupakan tumpahan busa dari truk yang lewat. Pasalnya salju tidak turun di daerah tropis, kecuali di Puncak Jaya Wijaya, Papua. Salju biasa terjadi di daerah subtropis dan kutub, jadi tidak benar berita yang beredar tersebut,” tutur Hary.

BMKG sendiri telah memastikan di Indonesia tidak mungkin terjadi hujan salju karena seluruh wilayah Indonesia beriklim tropis.

loading...
loading...