Ingin Menanam Goji Berry? Perhatikan Hal Ini Dulu


Pertanianku – Goji berry merupakan tanaman buah yang berasal dari Cina. Pasti Anda kurang familiar dengan buah tersebut bukan? Tanaman buah ini masih keluarga dari Solanaceae seperti kentang, tomat, terung-terungan, cabai, atau tobacco.

Namun, ada yang istimera dari buah goji berry, yakni buah ini diklaim memiliki segudang manfaat serta sangat kaya akan vitamin C dan mengandung anti-oksidan tinggi. Bahkan, buah goji berry dianggap sebagai buah paling kaya akan nutrisi di dunia. Oleh karena itu, buah ini disebut sebagai “Superfruit”.

Bagi Anda yang tertarik menanam buah ini, bibit goji berry ini bisa Anda dapatkan di nursery/tempat penjualan bibit buah. Bahkan, di era teknologi saat ini, penjualan bibit buah semacam goji berry pun banyak dilakukan secara online.

Jika tertarik membudidayakannya, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Goji berry menyukai sinar matahari

Meski begitu, sinar matahari terlalu banyak malah tidak baik untuk goji berry. Pastikan goji berry mendapat cukup sinar matahari, tanpa harus terpapar terlalu banyak.

  1. Menanam goji berry dalam ruangan

Goji berry bisa ditanam di pot dan diletakkan di dalam ruangan. Namun, dianjurkan untuk membawa tanaman ke luar ruangan selama beberapa jam untuk mendapatkan sinar matahari. Cara lain, pot dapat diletakkan di dekat jendela agar terpapar matahari.

  1. Menanam giji berry dalam pot

Goji berry bisa ditanam dalam pot. Direkomendasikan untuk memilih pot yang tinggi (dalam) untuk mengakomodasi pertumbuhan akar goji berry.

  1. Lakukan penyiraman secara rutin

Terlalu banyak air dapat membunuh goji berry. Pastikan goji berry mendapat air yang cukup, tetapi tidak sampai membuatnya basah kuyup. Siram untuk membuat tanah di sekitarnya lembap tapi tidak sampai basah.

  1. Hindari serangan jamur
Baca Juga:  Begini Cara Panen Buah Salak yang Benar

Jamur dapat dicegah dengan menyiram tanaman di pagi hari. Ini akan memberikan kesempatan air untuk menguap sempurna. Siram akarnya saja, daun dan batang tidak perlu ikut diguyur.

  1. Pilih setek atau biji?

Keduanya dapat dilakukan. Akan tetapi, setek lebih direkomendasikan untuk menjamin kualitas anakan goji berry akan sama dengan induknya. Menanam dari setek juga akan memperbesar kemungkinan tanaman untuk bisa tumbuh sehat.

Menanam goji berry tidak membutuhkan trik khusus. Jika Anda telah berhasil menanam jenis tumbuhan lain, menanam goji berry tentu tidak akan menjadi masalah.

loading...
loading...