Manfaat Bunga Cempaka untuk Atasi Berbagai Penyakit


Pertanianku — Bunga cempaka diketahui sering digunakan sebagai keperluan pernikahan atau kematian. Namun demikian, manfaat bunga cempaka cukup beragam, mulai dari mengatasi perut kembung hingga meringankan vertigo.

manfaat bunga cempaka
Shutterstock

Cempaka biasa digunakan untuk pengobatan tradisional karena di dalamnya terdapat alkaloid mikelarbina dan lirodenina yang berfungsi sebagai diuretik dan ekspoktoran. Dengan kandungan tersebut, kita dapat memanfaatkan bunga ini untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti berikut ini.

  1. Mengatasi perut kembung

Saat dimana perut terasa penuh dan kencang, bahkan perut juga terlihat lebih besar atau menggembung pasti membuat Anda tidak nyaman. Nah, ternyata bunga cempaka dapat mengatasi masalah perut kembung ini.

Bagaimana caranya? Cukup rebus bunga cempaka putih bersama dengan kulit jeruk keprok, jahe, dan kapulaga. Rebus dengan menggunakan air sebanyak 700 ml bersama bahan-bahan tersebut sampai tersisa air kurang lebih 300 ml. Selanjutnya, saring agar ampasnya tidak terbawa, lalu minum saat masih hangat.

  1. Menghilangkan bau badan

Bau badan bisa menurunkan rasa percaya diri kita dan membuat orang lain jadi sungkan. Bau badan biasanya terjadi karena kita terlalu sering beraktivitas seperti berjalan jauh atau olahraga.

Bau badan disebabkan oleh bakteri atau kuman yang bercampur dengan keringat atau bisa juga pakaian yang kita pakai. Untuk menghilangkan bau badan, Anda bisa coba menggunakan bunga cempaka.

Caranya cukup mudah, yaitu Anda mandi saja menggunakan air rebusan bunga cempaka. Dengan wangi bunga yang kuat, bau badan Anda bisa hilang dan teratasi.

  1. Mengatasi radang saluran pernapasan

Kalau Anda mengalami radang saluran pernapasan, cobalah mengobatinya menggunakan bunga cempaka. Caranya sangat mudah. Cukup ambil sekitar 15 g daun cempaka putih, 15 g umbi bunga lili, dan 5 gram kulit jeruk mandarin kering.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tanaman Hias Kaktus Tumbuh dengan Cantik

Rebus semua bahan menggunakan 500 ml air. Rebus terus sampai tersisa 200 ml air rebusan. Minum secara rutin rebusan tersebut saat masih hangat.

  1. Mengatasi keputihan

Keputihan sering terjadi pada wanita dan penyebabnya ialah infeksi virus, jamur, dan bakteri parasit yang ada di sekitar organ kewanitaan. Jika terus dibiarkan, hal itu akan mengakibatkan peradangan di daerah saluran ekskresi dan menyebabkan rasa perih saat buang air.

Anda bisa menggunakan bunga cempaka putih untuk mengatasi masalah kewanitaan tersebut. Caranya, ambil 30 g cempaka putih, 60 g jali yang sebelumnya sudah direndam sampai lembut, dan 15 g kulit delima. Rebus semua bahan menjadi satu, setelah mendidih, angkat dan minum saat masih hangat.

  1. Mengatasi vertigo

Vertigo adalah penyakit yang akan membuat penderitanya mengalami gangguan keseimbangan. Hal itu karena terjadi gangguan pada sistem keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam.

Untuk mengatasi vertigo, Anda bisa menggunakan bunga cempaka. Caranya mudah, cukup rebus bunga cempaka putih yang sudah dikeringkan, kemudian minum secara teratur sampai sakit yang Anda rasakan hilang.

Nah, itu tadi beberapa manfaat bunga cempaka. Semoga bermanfaat.

loading...
loading...