Segudang Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan


Pertanianku — Kacang kedelai termasuk jenis polong-polongan yang memiliki banyak nutrisi. Selain itu, manfaat kacang kedelai juga sangat berlimpah.

manfaat kacang kedelai
Pixabay

Nutrisi yang terkandung dalam kacang kedelai di antaranya protein, lemak, serat, kalsium, lesitin, dan vitamin-vitamin lainnya. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi bahan olahan seperti tahu, tempe, hingga susu.

Kacang kedelai memiliki manfaat yang sangat banyak, baik jangka panjang maupun untuk jangka pendek. Dan, perlu diketahui bahwa kacang kedelai mengandung protein yang sangat lengkap.

Hal tersebut dikarenakan adanya asam amino essensial yang berada di dalamnya. Untuk tahu lebih lanjut mengenai manfaat dari kacang kedelai, simak ulasan berikut ini.

  1. Meningkatkan metabolisme

Protein dari kacang kedelai berguna untuk meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Kandungan protein kacang kedelai juga mampu mencegah pengeluaran kalsium lewat urine.

  1. Diet sehat

Dalam hal ini, kacang kedelai dapat mengurangi nafsu makan sehingga akan membantu mengurangi kebiasaan makan berlebih.

  1. Mencengah timbulnya kanker

Anti-oksidan yang terdapat dalam kacang kedelai mampu menetralisir radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Lemak yang dihasilkan kacang kedelai merupakan lemak tak jenuh. Dimana lemak tak mampu membantu menurunkan kolesterol yang berlebih.

  1. Osteoporosis

Kandungan kalsium tinggi yang dimiliki kacang kedelai dapat menguatkan tulang dan mencegah pengeroposan pada tulang. Selain kalsium, kedelai juga mengandung fitoestrogen yang berfungsi sebagai penguat tulang.

  1. Mencegah anemia

Produk olahan seperti tempe dapat mencegah kekurangan sel darah merah. Hal itu didapatkan dari kandungan zat besi dan meningkatkan aktivitas Vitamin B12 yang berperan sebagai pembentukan sel-sel darah merah.

  1. Diabetes mellitus

Asam-asam amoni yang terdapat pada protein kacang kedelai dengan bantuan serat dapat mengendalikan kadar gula darah. Maka, sangat efektif untuk mencegah atau menangani penyakit diabetes mellitus.

  1. Anti-aging

Kacang kedelai juga sangat bermanfaat sebagai anti-aging. Hal tersebut dikarenakan kacang kedelai mengandung banyak serat dan anti-oksidan. Jika dikonsumsi dengan baik dan dibarengi dengan olahraga yang cukup, dapat mencegah penuaan dini.

Baca Juga:  Pemilik Anjing Punya Risiko Kematian Lebih Rendah, Ini Buktinya!

Jika Anda ingin menunda penuaan dini, kacang kedelai dan produknya dapat dikonsumsi dengan baik dan dibarengai dengan pola hidup sehat seperti olahraga.

loading...
loading...