Uniknya Ikan Atlantik, Punya Seribu Wajah dan Mata Kulit


Pertanianku —  Rahasia salah satu ikan atlantik, yakni ikan hogfish (Lachnolaimus maximus) yang mempunyai mulut serupa babi terungkap. Lewat penelitian, ilmuwan menguraikan teka-teki kemampuan ikan tersebut mengubah wajah sesuai dengan warna lingkungannya, seperti bunglon.

ikan atlantik
Foto: Google Image

Ilmuwan bahkan telah lama menduga bahwa hogfish mempunyai “mata kulit” yang mampu mendeteksi lingkungannya. “Mata kulit” itu membuat hogfish bisa mengubah wajahnya dalam waktu hanya seperseribu detik, dari putih mutiara ke cokelat berbintik dan warna lainnya.

Ternyata, dugaan tersebut benar. Hogfish memiliki fotoreseptor di kulitnya yang sensitif terhadap perubahan panjang gelombang cahaya yang diterimanya. Fotoreseptor itu tak sekuat yang terdapat pada mata, tetapi sangat membantu dalam melihat lingkungan.

Seorang peneliti bernama Lori Schweikert dari Universitas Duke mengatakan, dalam tingkat seluler, rahasia perubahan wajah hogfish adalah sel dengan pigmen khusus kromatofor.

Saat berada dalam kondisi lingkungan baru, sel itu akan menyebarkan pigmen sesuai dengan pigmen warna lingkungan. Sementara secara genetik, dikutip Science Daily, Senin (12/3/2018), Schweikert mengatakan bahwa hogfish punya mekanisme unik.

Gen yang bertanggung jawab dalam deteksi cahaya pada kulit ternyata berbeda dengan pada mata. Untuk “melihat” dengan kulit, hogfish lebih bergantung pada reaksi molekuler yang melibatkan molekul bernama siklik AMP.

Ia juga mengatakan, penelitian ini mengungkap cara baru hewan laut dalam melihat lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:  Burung Punya Kompas di Mata Agar Tidak Tersesat
loading...
loading...