3.000 Petani Tanam 45.000 Bibit Pohon di Gunung Kidul


Pertanianku — Pada areal seluas 15 hektare di lima bukit Desa Karangasem dilakukan penanaman 45.000 bibit pohon. Sebanyak 3.000 petani dilibatkan dalam kegiatan memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di Kabupaten Gunung Kidul itu. Desa Karangasem tersebut merupakan lokasi puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2017.

3.000 petani
Presidenri.go.id

“Penanaman pohon akan melibatkan 3.000 petani dan nantinya akan dikelola oleh koperasi,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, dikutip dari Antara, Sabtu (9/12).

Siti Nurbaya menuturkan, Gunung Kidul merupakan lokasi yang tepat untuk dipilih sebagai lokasi peringatan Hari Menanam Pohon karena lahannya kritis.

“Lahan kritis, kering, dan berbatu kapur, serta ada habitat kera ekor panjang,” katanya saat menyampaikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga hadir dalam kegiatan itu.

Ia juga mengungkapkan bahwa inisiatif untuk menghijaukan lahan kritis tersebut muncul dari masyarakat sekitar.

Wahyu, salah seorang anggota kelompok tani mengatakan bahwa di bagian bawah lahan tersebut mengalir sungai purba. Menurutnya, air dari sungai tersebut akan dimanfaatkan untuk mengairi tanaman saat musim kemarau.

“Masyarakat berharap bukit karst bisa lebih hijau dan produktif,” ungkap Wahyu.

Setiap bibit yang ditanam dalam kegiatan itu memiliki barcode berisi informasi nama pohon dan koordinat lokasi yang harus ditanami pohon tersebut. Bibit yang ditanam meliputi pohon jati, akasia, jambu-jambuan, dan jamblang.

Baca Juga:  Peta Lahan Pertanian Kini Tersedia Online
loading...
loading...