3 Faktor yang Memengaruhi Kualitas Pakan Burung

Pertanianku — Pakan burung yang akan diberikan harus tetap berkualitas meskipun sudah disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, baik pakan buatan maupun alami harus disimpan dengan benar. Selain kualitas pakan burung, Anda harus mengetahui formulasi pakan burung yang tepat sesuai dengan jenis burung. Dalam buku Formulasi Pakan Burung Ocehan dan Hias tertera beragam jenis informasi mengenai formulasi pakan burung.

kualitas pakan burung
foto: pertanianku

Pakan yang paling riskan untuk disimpan dalam jangka waktu lama adalah pakan alami karena berasal dari biji-bijian, buah-buahan, serangga, dan bahan pelengkap lainnya yang mudah rusak. Berikut ini beberapa faktor yang harus Anda perhatikan karena bisa memengaruhi kualitas pakan burung.

Bahan pakan

Loading...

Anda harus lebih memerhatikan sumber pakan burung. Bahan pakan alami seperti biji-bijian mudah terkena jamur dan tumbuh jika disimpan sembarangan. Petik biji-bijian saat sudah masuk umur panen, kondisinya padat berisi dan akan tenggelam jika dimasukkan ke air. Begitu pula dengan buah-buahan yang tidak bisa disimpan sembarangan dalam jangka waktu lama. Adapun pakan kroto merupakan jenis pakan yang mudah bau. Pada saat bau burung tidak akan mau.

Suhu dan kelembapan lingkungan

Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim panas. Pada musim hujan suhu cenderung lebih rendah dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Kondisi tersebut harus segera diatasi agar tidak merusak pakan. Pakan yang paling riskan pada saat ini adalah pakan buatan dan pakan ransum yang sudah diformulasikan. Faktor perubahan cuaca mampu menurunkan kualitas pakan secara perlahan.

Tempat penyimpanan yang tidak bersih

Tempat yang tidak bersih akan mengontaminasi pakan karena kotor, sempit, berdebu, dan pengap. Tempat tersebut akan membuat pakan lebih mudah ditumbuhi jamur. Pakan yang berjamur dapat menyebabkan burung menjadi diare.

Baca Juga:  Pakan yang Disukai Burung Cucakrawa

Memang terlihat sepele tapi Anda harus memerhatikan cara menyimpan pakan burung yang langsung memengaruhi kualitas pakan burung. Dalam buku Formulasi Pakan Burung Ocehan dan Hias akan memudahkan para hobiis burung kicau yang masih bingung formulasi serta cara menyimpan pakan yang benar.

 

 

Loading...
Loading...