3 Fungsi Sayuran dalam Masakan

Pertanianku — Sayuran dalam masakan tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan yang diolah untuk disantap. Fungsi sayuran dalam masakan juga bisa menjadi penambah cita rasa masakan atau seasoning, sebagai sentuhan akhir (finishing touch), dan sebagai penghias atau pelengkap penyajian (garnish).

fungsi sayuran
foto: pertanianku

Sebagai penambah cita rasa (seasoning)

Dari beberapa jenis sayuran segar, ada beberapa di antaranya dimanfaatkan untuk menambahkan cita rasa pada masakan. Sayuran tersebut adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombai, bawang daun, cabai, seledri, dan tomat. Namun, ada juga sayuran yang digunakan menjadi bagian masakan itu sendiri sekaligus menjadi penambah cita rasa, yaitu cabai hijau dan paprika.

Loading...

Sayuran yang digolongkan dalam kelompok ini adalah sayuran yang bisa memberikan rasa pada masakan tersebut. Faktanya, hampir seluruh masakan menggunakan sayuran ini untuk menambahkan rasa. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak bumbu bubuk yang terbuat dari jenis sayuran ini untuk memudahkan konsumen dalam menyimpannya.

Sebagai sentuhan akhir (finishing touch)

Selain mengambil manfaat dari kandungan yang terkandung dalam sayuran, Anda juga bisa mengambil manfaat dari bentuk fisik sayuran untuk memperindah hidangan sekaligus menambah cita rasa. Seperti taburan bawang merah goreng yang sering digunakan dalam masakan berkuah seperti bakso.

Cabai juga bisa diiris memanjang untuk dijadikan pelengkap dan penghias masakan. Seledri lebih sering digunakan sebagai sayur tabur yang dipotong kecil-kecil untuk menambah aroma dan rasa serta mempercantik penampilan hidangan dengan warna hijau. Potongan tomat yang ditaruh di atas hidangan bukan serta merta hanya untuk memperindah penampilan. Jika tomat dikonsumsi bersamaan dengan hidangan utama, dapat menambah cita rasa gurih hidangan.

Cincin bawang bombai yang menarik dan sering disajikan di atas tumisan juga bisa mempercantik hidangan sekaligus menambah rasa saat dimakan bersamaan dengan hidangan utama.

Baca Juga:  Tanaman Penurun Demam yang Mudah Dijumpai

Sebagai penghias atau pelengkap penyajian

Sejalan dengan perkembangan dunia tata boga, beragam jenis sayur bisa lebih dimanfaatkan untuk mempercantik hidangan dengan sentuhan teknik khusus sehingga membentuk hiasan yang menarik. Misalnya seperti diukir, dibentuk, dan disusun sedemikan rupa menjadi bentuk tertentu. Seperti hiasan tomat, cabai, dan mentimun yang diukir dan dibentuk menjadi seperti bunga yang kerap ditemui di nampan tumpeng.

Loading...
Loading...