3 Hal Krusial dalam Usaha Pembesaran Ayam Joper


Pertanianku — Selain modal, sebelum memulai usaha pembesaran ayam joper, ada beberapa hal krusial yang perlu Anda perhatikan. Calon peternak perlu memilih lokasi yang tepat misalnya. Setelah mendapat tempat, urus perizinan usahanya. Jika kedua hal itu telah terpenuhi, Anda hanya tinggal melakukan pembuatan kandang.

Pembesaran ayam joper
Foto: Google Image

Memang betul, dalam memulai usaha Anda tidak dapat berjalan sembarangan, perlu mempertimbangkan dan memerhatikan berbagai hal. Berikut ini 3 hal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha pembesaran ayam joper dikutip dari buku Ayam Kampung Joper Panen 60 Hari terbitan Penebar Swadaya.

  1. Memilih lokasi ideal

Lokasi ideal untuk pembesaran ayam joper secara umum harus jauh dari lingkungan pemukiman. Jarak ideal antara pemukiman dengan kandang yang akan dibuat biasanya bervariasi tergantung wilayah masing-masing.

Patokan utama pemilihan lokasi kandang terkait jarak dengan pemukiman adalah tidak terganggunya masyarakat akibat aktivitas peternakan. Selain itu, masyarakat juga tidak terganggu karena bau yang mungkin muncul dari dalam kandang.

  1. Perizinan

Sekecil apa pun usaha pembesaran ayam joper, para peternak sebaiknya mengurus izin usaha peternakan agar usahanya dapat berjalan dengan baik dan tidak bersinggungan dengan masyarakat sekitar. Terlebih, apabila usaha yang dijalankan berkembang dan semakin diperbesar.

Jadi, agar usaha pembesaran ayam joper terdaftar, para peternak wajib melakukan pendaftaran  peternakan rakyat kepada Bupati/Walikota atau Kepala Dinas Peternakan yang membidangi fungsi peternakan. Nantinya, Bupat/Walikota atau pejabat yang ditunjuk melakukan pembinaan terhadap peternak rakyat di daerahnya.

  1. Perkandangan

Kandang yang sesuai dan ideal sangat menentukan keberhasilan usaha pembesaran ayam joper. Sebaliknya, kandang yang tidak ideal dan tidak nyaman dapat menjadi penyebab kegagalan usaha pembesaran ayam joper.

Anda juga perlu memerhatikan beberapa aspek penting dalam membuat perkandangan untuk ternak ayam joper. Beberapa aspek penting tersebut di antaranya bentuk kandang, ukuran kandang, dan bahan pembuat kandang.

Baca Juga:  Kenali Kendala Ternak Ayam Joper Berikut Cara Pengendaliannya
loading...
loading...