3 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Budidaya Lele Dumbo


Pertanianku Budidaya lele dumbo bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena budidaya ikan lele dumbo dirasa menguntungkan dan dapat dijadikan suatu mata pencaharian tetap, banyak orang ingin melakukan upaya budidaya jenis ikan yang satu ini.

Budidaya lele dumbo
Foto: Google Image

Namun, bagi Anda yang ingin budidaya lele dumbo, ada beberapa saran yang dapat Anda jadikan pedoman sehingga meyakinkan Anda untuk melakukan usaha budidaya tersebut. Berikut ini 3 hal penting yang perlu Anda tahu sebelum memulai budidaya lele dumbo.

  1. Memahami cara budidayanya

Hal yang perlu Anda ketahui yang pertama adalah seberapa pahamkah Anda tentang cara budidaya ikan lele dumbo ini. Apakah benar-benar paham atau hanya tahu dari teman. Jika Anda hanya tahu dari teman dekat, Anda perlu terlebih dahulu mempelajari lebih dalam tentang budidaya ikan lele dumbo ini.

Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana mempelajarinya karena di negara Indonesia yang sudah mengenal lele dumbo sejak abad ke-19. Anda dapat mencari ilmu budidaya tersebut dimana saja sesuka Anda asalkan masih di wilayah Indonesia.

  1. Memahami potensi pasar

Jika Anda sudah paham dengan cara budidaya ikan lele dumbo yang hendak digeluti tersebut, kemudian langkah yang selanjutnya adalah dengan memahami potensi pasar yang ada di sekitar Anda. Di Indonesia, pasar yang membutuhkan daging ikan lele dumbo tentu sangatlah luas.

Namun, untuk lokasi yang bisa Anda jangkau, pastikan kembali potensi pasar yang ada, baru kemudian Anda pikirkan tentang berapa jumlah ikan lele dumbo yang bisa dibesarkan kemudian laku dijual.

  1. Memahami cara budidaya yang cocok untuk Anda

Ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk membudidayakan ikan lele dumbo. Ada yang membudidayakan dengan cara yang tradisional, yaitu dengan menggunakan kolam tanah. Ada juga yang sudah menggunakan kolam terpal. Dan, juga ada yang menggunakan kolam beton atau kolam semen. Pilihlah metode yang sesuai dengan kecocokan Anda.

Baca Juga:  Kualitas Ikan Patin Indonesia Berstandar Internasional