3 Ikan Indah Perawat Akuarium

Pertanianku Ikan hias banyak ragamnya. Kebanyakan, mereka dipelihara dalam akuarium ataupun kolam karena memiliki corak, warna, dan bentuk yang indah sehingga menghibur pemiliknya. Anda bisa menilik tiga jenis ikan ini yang selain indah juga bisa membantu merawat akuarium dengan cara membersihkannya.

Fariowella acus

Ikan hias
Foto: aquaticsart.com

Ikan ini lebih dikenal dengan nama twig catfish atau whiptail catfish. Makanan kesukaannya adalah ganggang yang terdapat dalam akuarium. Namun, ia juga memerlukan asupan tambahan berupa tablet ganggang spirulina. Tak perlu sering-sering, Anda cukup memberikan asupan tambahan ini sebanyak 2—3 kali dalam seminggu.

Loading...

Ciri Fariowella acus adalah tubuhnya yang ramping memanjang. Ukuran tubuhnya bisa sepanjang 20 cm. Warna tubuh ikan ini cokelat sehingga tidak mencolok dalam akuarium. Selain itu, mereka juga gemar bersembunyi dan menyukai lingkungan dengan banyak spot berlindung.

Keunggulan lain dari ikan ini adalah bisa dipelihara dalam akuarium yang berukuran kecil. Sebaiknya, ikan ini dipelihara bersama ikan yang jinak seperti rasbora, ikan tetra, ataupun hatchetfish. Hindari meletakkan ikan twig catfish bersama ikan chiclid.

Epalzeorhynchos kalopterus

Ikan hias
Foto: fishtanksandponds.com

                 

Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan air tawar. Mereka masih berkerabat dekat dengan ikan mas, yakni masih satu famili Cyprinidae. Banyak ditemukan di Asia Tenggara, Anda bisa memelihara ikan ini dengan akuarium berukuran 75 liter.

Tak perlu banyak perawatan, ikan yang disebut ikan silimang batang ini biasa memakan ganggang yang ada dalam akuarium. Mulai dari ganggang pada tanaman, dekorasi, kaca, hingga sisa-sisa makanan. Mereka pun mudah berbaur dengan hampir semua jenis ikan hias air tawar kecuali ikan red tailed shark.

Ancistrus temminckii

Ikan hias
Foto: badmanstropicalfish.com

Bentuknya yang unik membuat Ancistrus temminckii banyak dipelihara sebagai ikan hias sekaligus ikan pembersih akuarium. Ikan ini dikenal dengan berbagai nama, mulai dari bristlenose plecos, bristlenose catfish, bristle nosed pleco, hingga bushynose catfish.

Jika Anda memiliki akuarium berukuran besar, ikan ini bisa jadi salah satu solusi. Ukuran ikan yang besar, yakni bisa mencapai panjang 15 cm, membuat ikan ini cocok tinggal di lingkungan yang luas. Sebagai pembanding, ukuran ikan ini sedikit lebih besar daripada ikan sapu-sapu pembersih kaca pada umumnya.

Karena ukurannya yang besar, ikan ini bisa memakan lebih banyak ganggang. Perawatannya pun mudah, yakni hanya perlu menambahkan pelet ganggang agar nutrisinya tercukupi. Hanya saja, semakin tua warnanya akan semakin gelap dan tidak menarik lagi.

Loading...
Loading...