3 Jenis Bidang Usaha Perikanan di Indonesia


Pertanianku — Saat ini, sektor perikanan belum dilirik oleh berbagai kalangan. Padahal, potensi perikanan bisa menjadikan suatu negara menjadi maju dan sejahtera. Di dalam dunia perikanan dikenal 3 jenis bidang usaha perikanan. Apa sajakah itu?

bidang usaha perikanan
Foto: Pixabay

Yuk, simak ulasan berikut ini.

  1. Usaha perikanan tangkap

Bisnis atau bidang usaha perikanan tangkap adalah sebuah kegiatan usaha yang serius dalam produksi ikan melalui cara penangkapan ikan. Hal ini bisa ditinjau berdasarkan bidang usaha yang dijalankan oleh nelayan atau rakyat yang tinggal di daerah pesisir pantai ataupun dekat perairan darat.

Contoh bisnis perikanan tangkap ini di antaranya penangkapan ikan sarden, ikan tuna, ikan bawal bahari, dan sebagainya yang menggunakan alat-alat penangkapan ikan.

  1. Usaha perikanan budidaya (akuakultur)

Bidang bisnis perikanan budidaya atau yang diklaim sebagai akuakultur merupakan sebuah aktivitas bisnis yang bertujuan memproduksi ikan pada sebuah wadah atau loka pemeliharaan. Dimana syarat berdasarkan tempat pembudidayaan tersebut terkontrol dan berorientasi pada keuntungan.

Contohnya meliputi budidaya ikan lele, budidaya ikan nila, budidaya ikan gurami, budidaya ikan patin, budidaya ikan hias serta masih banyak lagi. Bidang usaha yang satu ini pula dievaluasi relatif terjangkau karena hanya membutuhkan media budidaya buat menyebarkan bibit ikan. Akan tetapi, juga membutuhkan keahlian dan pengetahuan agar dapat melakukan pembudidayaan ikan dengan sempurna.

  1. Usaha perikanan pengolahan

Untuk usaha perikanan pengolahan ini sendiri merupakan sebuah aktivitas bisnis perikanan dengan tujuan primer, yakni menaikkan nilai tambah yang telah dimiliki sebuah produk perikanan. Entah itu bidang bisnis perikanan, baik budidaya atau akuakultur maupun usaha perikanan tangkap.

Kegiatan bisnis yang satu ini pula memiliki tujuan lain, yakni untuk bisa mendekatkan produk perikanan ke pasar. Contohnya, pembuatan nugget berbahan dasar ikan, pengolahan kerupuk ikan, pembuatan bakso ikan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Daging Ikan Wajib Segera Diolah, Ini Alasannya!