3 Jenis Makanan untuk Iguana Kesayangan Anda

Pertanianku Iguana peliharaansering dianggap sebagai hewan karnivora. Itu karena tampangnya yang tampak sangar. Namun kenyataannya, iguana bukanlah karnivora. Lantas, jenis makanan apa yang harus diberikan pada iguana?

Iguana
Foto: Shutterstock

Iguana adalah hewan herbivora. Iguana makan buah-buahan, sayuran, dan produk tumbuhan tertentu. Hal ini perlu diketahui oleh seorang calon pemilik iguana. Karena iguana memakan tumbuhan, tidak berarti semua jenis tumbuhan dan buah-buahan cocok buat mereka.

Ada jenis makanan yang perlu diberikan secara teratur. Ada yang hanya diberikan sesekali dan ada pula yang jangan pernah diberikan ke iguana. Jadi, agar iguana dapat hidup sehat dan sejahtera, mengetahui jenis makanan yang cocok amatlah diperlukan.

Karena iguana tergolong herbivora, jangan memberikan daging atau produk hewani lainnya. Iguana mungkin tidak akan menolak saat diberi daging, tapi jangan memulai kebiasaan ini. Protein hewani justru tidak baik untuk iguana. Iguana tetap memerlukan protein, tapi pastikan untuk memenuhinya dari protein nabati.

Jangan beri makan iguana dengan daging, cacing, serangga, atau produk hewan lainnya. Hindari pula susu dan telur. Iguana juga sebaiknya tidak diberi makanan anjing atau kucing. Produk ini bisa diberikan asal sudah dipastikan tidak mengandung protein hewani.

Sementara itu, makanan yang seharusnya diberikan untuk iguana di antaranya kacang hijau, sayuran kuning oranye (labu dan wortel), ketela, lobak hijau, selada air, pisang, dan blackberry. Agar iguana tetap sehat, jangan hanya memberi kacang hijau setiap hari, misalnya. Jenis makanan harus dikombinasikan. Misalnya 45 persen produk tumbuhan seperti kacang hijau atau labu, 40 persen sayuran, 10 persen buah-buahan, 5 persen protein tambahan, dan makanan lain.

Terakhir adalah makanan yang hanya perlu diberikan sesekali. Jenis makanan ini termasuk bayam, seledri, brokoli, dan tahu. Pemaparan tadi hanya memuat sebagian daftar. Tapi, setidaknya daftar singkat tersebut bisa memberikan gambaran tentang berbagai macam jenis makanan untuk iguana.

Baca Juga:  Nasib Bilby, Kelinci Paskah dari Australia yang Hampir Punah

Makanan yang tepat akan membuat iguana tumbuh optimal dan tetap sehat. Tentunya, Anda ingin memiliki iguana yang aktif dan tidak lesu. Oleh karena itu, menyediakan makanan yang tepat adalah salah satu kuncinya.

Loading...