3 Jenis Palem Hias untuk Pekarangan

Pertanianku Palem hias termasuk tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan. Daun pohon palem tidak lebat sehingga tidak berguguran dan meninggalkan kesan berantakan. Selain itu, perawatan pohon palem pun mudah dan tidak membutuhkan cara khusus. Berikut ini 3 jenis palem yang direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan.

Palem merah

Palem hias
Foto: sencicareseeds.com

Memiliki ciri khas batang yang berwarna merah, palem merah banyak digunakan sebagai tanaman hias di Indonesia. Tak hanya batang, pelepah dan tulang daun pohon ini pun berwarna merah yang indah. Popularitas palem ini berasal dari keindahan tanaman ini ketika ditanam di halaman dan taman rumah.

Loading...

Bisa dibilang, palem merah merupakan palem hias asli Indonesia. Tumbuhan ini bisa ditemukan tumbuh di hutan rawa. Palem merah merupakan maskot Provinsi Jambi. Sayangnya, keberadaan tanaman yang satu ini sudah mulai langka.

Agar warna merahnya terus bertahan, tanaman palem merah sebaiknya ditanam di bawah matahari. Gunakan media tanam berupa campuran tanah dan pasir agar palem merah bisa tumbuh secara optimal.

Palem raja

Palem hias
Foto: palmco.com

Jenis palem kedua yang juga bisa dimanfaatkan untuk palem hias adalah palem raja. Berasal dari wilayah Karibia dan Amerika Selatan, tanaman ini biasa ditanam di daerah Jawa. Sesuai namanya, palem raja bisa tumbuh dengan ketinggian 20—30 meter.

Palem ini terkenal karena batangnya yang kuat. Bentuk daunnya agak panjang dan berwarna hijau sehingga tampak segar dipandang mata. Palem raja menghasilkan buah yang berbentuk bulat, berkulit tebal, dan isinya berserat serta berair.

Anda harus menyiapkan lahan terbuka yang terpapar sinar matahari penuh untuk menanam palem raja. Begitu pula dengan media tanam yang sebaiknya merupakan campuran antara tanah dan pasir. Jenis yang paling banyak ditanam adalah palem raja kuba.

Palem kuning

Palem hias
Foto: etsy.com

Jika palem merah memiliki batang dan pelepah berwarna merah, palem kuning memiliki batang dan pelepah berwarna kuning cerah. Tak hanya itu, pelepah daunnya cukup panjang dan menutupi ruas batang. Anak daun palem kuning bisa berjumlah 80—100 lembar. Palem kuning memiliki buah yang berwarna kuning hingga ungu.

Berasal dari kawasan Madagaskar, palem kuning bisa tumbuh hingga 6 meter. Ciri khas utama palem ini adalah batangnya bisa bercabang menjadi beberapa cabang baru yang tumbuh menjulang. Menurut penelitian, palem ini juga bisa digunakan untuk mengurangi polusi.

 

Loading...
Loading...