3 Kelebihan Sistem Akuaponik Dibanding Hidroponik


PertaniankuSistem akuaponik adalah suatu inovasi bercocok tanam dengan menggunakan kotoran ikan yang dibudidayakan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman yang dibudidayakan pada lahan dan di tempat yang sama. Dengan kata lain, akuaponik menggunakan air sebagai media pelarut nutrisi sama seperti hidroponik.

Sistem akuaponik
Foto: Google Image

Akan tetapi, nutrisi yang diperoleh tanaman tidak berasal dari nutrisi yang sengaja ditambahkan seperti pupuk pada hidroponik, melainkan berasal dari sisa makanan atau kotoran ikan yang dibudidayakan pada kolam penampung air. Berikut ini 3 alasan mengapa sistem akuaponik lebih baik dibandingkan dengan hidroponik.

  1. Nutrisi tanaman tetap terjaga secara otomatis

Kelebihan sistem akuaponik yang pertama ialah nutrisi tanaman tetap terjaga secara otomatis. Akuaponik adalah suatu sistem dengan nutrisi yang tersirkulasi dengan sendirinya dan tidak seperti hidroponik di mana nutrisi harus ditambahkan sendiri oleh petani pada air yang digunakan pada sistem tersebut.

Anda hanya perlu memerhatikan pertumbuhan tanaman dan perangkat yang dibutuhkan tanpa harus memerhatikan kadar nutrisi yang diperlukan oleh tanaman.

  1. Menghasilkan panen ganda

Sistem akuaponik tidak hanya menghasilkan tanaman sayur, tapi juga sumber protein yang tidak dihasilkan oleh sistem tanam hidroponik. Sistem akuaponik dikatakan sebagai suatu sistem mutualisme antara tanaman dan ikan karena ikan mendapatkan air bersih yang telah terfilter oleh tanaman. Sementara, tanaman mendapatkan nutrisi yang dihasilkan oleh ikan.

  1. Perangkat yang dibutuhkan lebih sederhana

Sistem akuaponik membutuhkan lebih sedikit perangkat dan bahan dibandingkan dengan sistem hidroponik. Dalam hal ini, termasuk peralatan, pupuk, dan pengorganisasian perangkat yang dibutuhkan dalam berkebun. Biaya yang dibutuhkan dalam membangun sistem akuaponik lebih hemat dibandingkan sistem hidroponik pada umumnya. Namun, tentunya jika dibandingkan dengan model dan metode yang sama.

Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Sistem Hidroponik

Meskipun kedua sistem memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain, kedua sistem ini dapat digunakan untuk memproduksi tanaman sepanjang tahun jika dibangun dengan perangkat yang tepat.