3 Pantangan Pakan Ternak Ayam Kampung

Pertanianku — Ayam kampung banyak dibudidayakan tak hanya di pedesaan, tetapi juga di perkotaan. Perawatannya yang mudah membuat ayam kampung menjadi salah satu alternatif bisnis yang mudah digeluti. Meski perawatannya mudah, terdapat 3 pantangan pakan ternak ayam kampung yang wajib Anda ketahui.

3 pantangan pakan ternak ayam kampung
Foto: Google Image

Karakteristik dari ayam kampung ialah tidak mudah terkena penyakit karena sistem imunnya yang tinggi, berbeda dengan ayam broiler yang memiliki sistem imun yang rendah. Tetapi, kekurangan dari ayam kampung sendiri, yaitu masa panen yang lama. Oleh karena itu, modal jadi berputar lebih lama.

Selain itu, cepat atau tidaknya panen ayam kampung bergantung pada pakan yang diberikan. Meski ayam kampung terbilang mudah, Anda tidak boleh memberikan pakan secara sembarangan. Pakan ayam kampung yang diberikan harus yang berkalori dan bernutrisi tinggi. Nah, berikut ini beberapa pantangan pakan ternak ayam kampung yang harus dihindari.

Makanan kedaluarsa

Pantangan yang pertama adalah jangan memberikan makanan kedaluarsa. Memang ayam kampung ini mudah memakan apa saja, namun jangan memberikan makanan kedaluarsa.

Makanan yang sudah kedaluarsa tersebut mengandung bakteri yang bisa menyebabkan saluran pencernaan ayam menjadi terganggu. Ayam bisa menjadi keracunan dan mengalami masalah pencernaan seperti diare, mual, dan juga muntah.

Makanan basi

Jika digunakan sebagai bisnis, jangan pernah memberikan ayam kampung makanan basi. Sering kali masyarakat memberikan ayam kampung nasi basi yang sudah tidak layak makan.

Sama halnya dengan makanan yang kedaluarsa, makanan basi ini bisa menyebabkan organ pencernaan ayam menjadi terganggu. Jika pencernaan ayam sensitif akan langsung bereaksi dengan kembung dan muntah.

Berjamur

Salah satu pakan ternak ayam kampung yang sering diberikan adalah dedak. Dedak mengandung kalori yang tinggi sehingga membuat ayam menjadi berenergi. Yang tidak boleh diberikan kepada ayam kampung adalah makanan berjamur.

Baca Juga:  Populasi Sapi Meningkat Berkat Program Upsus Siwab

Dedak yang berjamur memang tidak bisa dilihat jika di kegelapan, tetapi akan terasa ketika dipegang. Teksturnya akan menggumpal dan sudah berbau tengik. Makanan yang sudah jamuran ini tidak bisa diberikan kepada ayam kampung karena sudah mengandung mikroba.

Loading...